ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR SANDWICH RUDDER
PESAWAT N219
DI DEPARTEMEN ANALISA STRUKTUR
PT. DIRGANTARA INDONESIA |
Penulis MOH. ADI SUYETNO
Pembimbing : Hendrix NF ST, MT, - Dwi hartini ST, M.T.
|
ABSTRAK :
Peran rudder pada pesawat terbang adalah sebagai kendali belok atau
yawing. Peran ini menjadi salah satu peranan penting diantara peran - peran
lain dari bagian - bagian pesawat terbang yang lain. Oleh karena itu ketahanan
atau kekuatan struktur rudder serta sruktur pendukungnya harus benar -benar
mampu menahan pembebanan yang diterima dari jenis - jenis pembebanan yang
ada.
Analisis struktur sandwich adalah salah satu cara menghitung kekuatan
struktur yang secara komposisi susunan suatu struktur berbentuk lapisan mirip
roti sandwich. Salah satu komponen pesawat yang mengaplikasikan bentuk
struktur sandwich adalah servo tab dan servo tab merupakan salah satu bagian
dari rudder.
Dari analisis kekuatan struktur sandwich rudder pesawat N219 di
departemen analisa struktur PT. Dirgantara Indonesia diperoleh nilai margin of
safety sebesar -0,40 pada struktur sandwich dengan jenis kerusakan (failure
mode) facing skin stress, dan -0,97 pada jenis kerusakan core shear stress.
Sedangkan untuk struktur pendukung (fitting) diperoleh nilai margin of safety
yeng bernilai positif pada semua jenis kerusakan. Yang mana dari data - data ini
dapat diartikan bahwa untuk struktur sandwich diindikasikan struktur tersebut
tidak aman. Sedangkan untuk struktur pendukung (fitting) semua strukturnya
aman.
(kata kunci : rudder, sandwich, failure mode, margin of safety)
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MOH. ADI SUYETNO |
|
NIM |
: 11050144 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|