© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR SANDWICH RUDDER PESAWAT N219 DI DEPARTEMEN ANALISA STRUKTUR PT. DIRGANTARA INDONESIA
Penulis
MOH. ADI SUYETNO
Pembimbing : Hendrix NF ST, MT, - Dwi hartini ST, M.T.

ABSTRAK :
Peran rudder pada pesawat terbang adalah sebagai kendali belok atau yawing. Peran ini menjadi salah satu peranan penting diantara peran - peran lain dari bagian - bagian pesawat terbang yang lain. Oleh karena itu ketahanan atau kekuatan struktur rudder serta sruktur pendukungnya harus benar -benar mampu menahan pembebanan yang diterima dari jenis - jenis pembebanan yang ada. Analisis struktur sandwich adalah salah satu cara menghitung kekuatan struktur yang secara komposisi susunan suatu struktur berbentuk lapisan mirip roti sandwich. Salah satu komponen pesawat yang mengaplikasikan bentuk struktur sandwich adalah servo tab dan servo tab merupakan salah satu bagian dari rudder. Dari analisis kekuatan struktur sandwich rudder pesawat N219 di departemen analisa struktur PT. Dirgantara Indonesia diperoleh nilai margin of safety sebesar -0,40 pada struktur sandwich dengan jenis kerusakan (failure mode) facing skin stress, dan -0,97 pada jenis kerusakan core shear stress. Sedangkan untuk struktur pendukung (fitting) diperoleh nilai margin of safety yeng bernilai positif pada semua jenis kerusakan. Yang mana dari data - data ini dapat diartikan bahwa untuk struktur sandwich diindikasikan struktur tersebut tidak aman. Sedangkan untuk struktur pendukung (fitting) semua strukturnya aman. (kata kunci : rudder, sandwich, failure mode, margin of safety)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MOH. ADI SUYETNO
NIM : 11050144
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024