ABSTRAK :
Semakin maraknya penerbangan komersial (airlines) saat ini, maka
semakin banyak jumlah pesawat yang dioperasikan dan persaingan untuk menjadi
perusahaan penerbangan agar tetap bisa beroperasi semakin sulit. Beberapa
perusahaan penerbangan yang tidak dapat bersaing dengan perusahaan lain, telah
gulung tikar. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh tidak tepatnya keputusan
suatu airline di dalam pemilihan tipe pesawat.
Tipe pesawat terbang yang digunakan untuk melayani rute penerbangan
harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga bisa memberikan keuntungan atau
profit terhadap perusahaan. Pemilihan armada pesawat ditentukan berdasarkan
analisa pasar dengan indikator jumlah penumpang, aspek teknik pesawat terbang
dan aspek komersial atau biaya operasional pesawat dan analisa pesaing. Biaya
operasional langsung (Direct Operating Cost) pesawat yaitu biaya-biaya yang
berhubungan langsung dengan pengoprasian pesawat dalam melayani rute
penerbangan. Biaya operasional langsung sangat berpengaruh dalam pemilihan
tipe pesawat yang akan digunakan. Dalam kondisi tertentu penentuan keputusan
harus diambil dengan cepat, dimana salah satu syaratnya adalah ketersediaan
informasi yang relevan.
Informasi merupakan output sistem yang dapat dimanfaatkan oleh pihakpihak
yang membutuhkan. Sistem pendukung keputusan penentuan tipe pesawat
terbang merupakan aplikasi komputer yang memberikan output berupa informasi
biaya operasional pesawat yang dapat mendukung para manajer dalam
pengambilan keputusan penentuan armada yang tepat pada pembukaan rute
penerbangan baru penerbangan.
Kata Kunci : SPK, Biaya Operasional Langsung(DOC), Rute Baru Penerbangan
|