ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses terjadinya percampuran aliran udara dingin dari outer case yang masuk melalui dilution air holes yang bercampur dengan udara panas yang ada di dalam inner case combustion chamber (ruang bakar) dimana akan diketahui karakteristik aliran udara setelah terjadi percampuran udara di ruang bakar dan kinerja dari ruang bakar (combustion chamber), akan didapat karakteristik temperatur dan kecepatan udara tersebut saat keluar dari ruang bakar.
Untuk dapat mencapai tujuan ini ruang bakar dibuat dalam bentuk dua dimensi dan akan disimulasikan aliran udara yang terjadi di dalam ruang bakar menggunakan software Fluent Untuk menentukan kinerja dari ruang bakar engine GE.J47-GE-17
Dari analisis yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa karakteristik aliran udara yang terjadi di dalam innercase ruang bakar engine GE.J47-GE-17 adalah kecepatan aliran udaranya akan bertambah saat keluar dari ruang bakar, sedangkan temperaturnya akan turun saat keluar dari ruang bakar.
(kata kunci : ruang bakar, outer case, inner case, dilution air holes, aliran udara, kecepatan, temperatur, Fluent)
|