ABSTRAK :
Studi eksperimental airfoil simetrik yang dilakukan oleh penulis bertujuan
untuk mengetahui pengaruh dari penambahan pemasangan High lift Device pada
airfoil model simetrik. High Lift Device yang dimaksud adalah split flap dan fixed
slot. Pengaruh penambahan High Lift Device disini adalah pada hasil koefisien
gaya angkat dan koefisien gaya hambat yang terjadi pada airfoil. Pada proses
penelitian airfoil, penelitian dilakukan dalam subsonic wind tunnel pada
laboratorium aerodinamika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto dengan variasi
sudut serang dan kecepatan serta sudut flap. Selanjutnya data hasil pengujian
berupa gaya angkat dan gaya hambat digunakan untuk dilakukan proses
perhitungan selanjutnya dalam mencari nilai koefisien gaya angkat dan koefisien
gaya hambat. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus koefisien gaya
angkat dan koefisien gaya hambat.
Setelah dilakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai koefisien gaya
angkat dan gaya hambat, selanjutnya hasil tersebut dikaji untuk mengetahui
pengaruh penambahan split flap dan slot pada airfoil simetrik.
Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan penggunaan split
flap dan slot menunjukkan kenaikan koefisien lift sebesar 2.170651 pada
kecepatan 10 m/detik pada sudut serang 15°. Kemudian penambahan slot pada
airfoil model terbukti dapat memperlambat sudut stall pada airfoil.
Kata Kunci : High Lift Device, split flap, fixed slot, stall, koefisien gaya angkat,
koefisien gaya hambat.
|