ABSTRAK :
Structure repair manual merupakan panduan yang dikeluarkan oleh manufaktur kepada maintenance dalam melakukan repair. Segala bentuk repair adalah usaha untuk memperbaiki sesuatu yang rusak agar tetap bisa digunakan. Begitu juga dengan repair 31 detail X adalah betuk perbaikan pada skin pocket pada fuselage. Namun dalam SRM tidak dinyatakan secara analisis bahwa repair tersebut aman. Untuk mengetahui tingkat keamanannya maka perlu dilakukan analisis.
Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIA V5R16. Metode analisis yang dilakukan adalah metode analisis statik dengan memanfaatkan fasilitas pada software CATIA yaitu generative struktural analysis. Terdapat dua pembebanan pada penelitian ini yaitu beban tarik dan beban pressure. Masing pembebanan terdapat beberapa variasi yaitu, jumlah fastener 3 row dan 4 row dan tebal doubler 0,045, 0,05 dan 0,063.
Dari analisis dengan menggunakan software CATIA V5R16 didapatkan hasil bahwa struktur repair doubler pada SRM adalah aman. Nilai margine of safety tertinggi adalah 15,025 pada variasi jumlah fastener 4 row dengan tebal doubler 0,045 dalam beban tarik. Begitu juga dengan nilai margine of safety terendah terdapat pada variasi jumlah fastener 4 row dengan tebal doubler 0,045dengan beban pressure sebesar 0,587. Untuk nilai MS shear dan bearing fastener semuanya dalam keadaan aman.
Kata kunci: Repair Doubler, CATIA V5R16.
|