© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENENTUAN KECEPATAN TOUCHDOWN PESAWAT B777-300 BERDASARKAN BERAT PESAWAT TERBANG DAN PITCH ATTITUDE MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC
Penulis
REDYTA RIKA PANGESTI
Pembimbing : Ir. Daniel Teguh Rudianto, M.T, - Yenni Astuti, S.T.,M.Eng,

ABSTRAK :
Kecepatan touchdown adalah kecepatan yang harus ditentukan pada saat pesawat terbang menyentuh landasan pacu dalam proses pendaratan pesawat terbang. Penentuan kecepatan touchdown yang tepat saat proses pendaratan pesawat terbang dapat mengurangi tingkat kecelakan pesawat terbang saat mendarat dan meningkatkan keselamatan penerbangan. Dalam tugas akhir ini penulis menggunakan metode fuzzy logic mamdani untuk menentukan kecepatan touchdown berdasarkan berat pesawat terbang dan pitch attitude. Fuzzy logic dapat digunakan untuk menentukan kecepatan touchdown pesawat terbang saat akan melakukan pendaratan, berdasarkan perhitungan persen faktor kesalahan pada hasil simulasi pertama dan hasil kedua menggunakan deffuzifikasi centroid, bisector, MOM, LOM dan SOM. Rata-rata faktor kesalahan hasil simulasi yang paling kecil adalah defuzzifikasi centroid, dengan rata-rata persen kesalahan pada simulasi pertama adalah 0,432 persen dan rata-rata faktor kesalahan pada simulasi dua adalah 0,962 persen. Jika rule base diubah maka kecepatan touchdown yang dihasilkan juga akan berbeda. Hasil simulasi yang mendekati data konvensional (data real) adalah hasil simulasi dengan menggunakan enam rule base. Kata kunci : fuzzy logic, kecepatan touchdown, landing weight, pitch attitude.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : REDYTA RIKA PANGESTI
NIM : 11010011
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024