ABSTRAK :
Rudder system pada pesawat KT-1B beroperasi menggunakan sistem
penggerak mekanik, yang terdiri dari rangkaian komponen-komponen yang saling
berhubungan satu dengan yang lain sehingga membentuk suatu sistem yang utuh.
Batasan operasional dari rudder surface pada pesawat ini adalah 20º ± 1º saat
full defleksi ke kiri dan 20º ± 1º full defleksi ke kanan.
Untuk melaksanakan analisis kinematik, maka seluruh komponen yang
ada kemudian dimodelkan dengan software CATIA V5R16 yang selanjutnya
dibuat simulasi dari pergerakan sistem tersebut berdasarkan pergerakan yang
sebenarnya pada pesawat. Setelah dilakukan pemodelan dan simulasi, maka
dapat dilakukan analisis kinematik dengan dua buah metode sebagai
pembanding, yaitu analisis dengan CATIA V5R16 dan perhitungan teoritis. Selain
itu juga dilakukan analisis beban operasional untuk mengetahui pilot operational
load yang terjadi akibat beban aerodinamik ketika rudder berdefleksi.
Dalam proses analisis kinematik yang dilakukan menggunakan CATIA
V5R16 Digital Mook Up Kinematic selama 7 detik pada time sequence t = 3 detik
dan t = 6 detik diperoleh nilai kecepatan dan percepatan (linear dan angular)
yang mendekati hasil perhitungan teoritis, yang apabila dilihat dari rata-rata
silisih perhitunganya hanya terpaut 0,00X sekian dibelakang koma. Sedangkan
perhitungan beban operasioanl yang dilakukan pada kondisi rudder berdefleksi
full ke kanan dan ke kiri telah memenuhi standar JAR, FAR dan EASA dengan
nilai pilot operational load yang tidak melebihi 890 N untuk desain pedal control.
Kata kunci : Rudder, CATIA V5R16, Kinematik, Beban Operasional
|