© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KINEMATIK GERAK RUDDER PADA PESAWAT KT -1B MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5R16
Penulis
HENDRAWAN WIDI PRASTANTO
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso, MT - Ir. Heru Yudanarsa

ABSTRAK :
Rudder system pada pesawat KT-1B beroperasi menggunakan sistem penggerak mekanik, yang terdiri dari rangkaian komponen-komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga membentuk suatu sistem yang utuh. Batasan operasional dari rudder surface pada pesawat ini adalah 20º ± 1º saat full defleksi ke kiri dan 20º ± 1º full defleksi ke kanan. Untuk melaksanakan analisis kinematik, maka seluruh komponen yang ada kemudian dimodelkan dengan software CATIA V5R16 yang selanjutnya dibuat simulasi dari pergerakan sistem tersebut berdasarkan pergerakan yang sebenarnya pada pesawat. Setelah dilakukan pemodelan dan simulasi, maka dapat dilakukan analisis kinematik dengan dua buah metode sebagai pembanding, yaitu analisis dengan CATIA V5R16 dan perhitungan teoritis. Selain itu juga dilakukan analisis beban operasional untuk mengetahui pilot operational load yang terjadi akibat beban aerodinamik ketika rudder berdefleksi. Dalam proses analisis kinematik yang dilakukan menggunakan CATIA V5R16 Digital Mook Up Kinematic selama 7 detik pada time sequence t = 3 detik dan t = 6 detik diperoleh nilai kecepatan dan percepatan (linear dan angular) yang mendekati hasil perhitungan teoritis, yang apabila dilihat dari rata-rata silisih perhitunganya hanya terpaut 0,00X sekian dibelakang koma. Sedangkan perhitungan beban operasioanl yang dilakukan pada kondisi rudder berdefleksi full ke kanan dan ke kiri telah memenuhi standar JAR, FAR dan EASA dengan nilai pilot operational load yang tidak melebihi 890 N untuk desain pedal control. Kata kunci : Rudder, CATIA V5R16, Kinematik, Beban Operasional


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : HENDRAWAN WIDI PRASTANTO
NIM : 07050137
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024