ABSTRAK :
Access panel merupakan salah satu bagian wing yang terdapat di lower
skin wing yang berperan penting pada saat pesawat di ground. Salah satunya
adalah sebagai akses pada saat melakukan maintenance. Ada dua jenis tutup
pada access panel yaitu tutup struktural dan tutup non-struktural. Untuk itu perlu
dilakukan analisis tegangan struktur terhadap access panel dengan dua jenis
tutup tersebut.
Salah satu software yang digunakan untuk melakukan analisis tegangan
struktur adalah MSC Patran/Nastran. Dari software ini dapat diketahui tegangan
dan daerah kritis suatu struktur ketika mendapat suatu pembebanan, sehingga
dari tegangan maksimum tersebut dapat digunakan untuk menentukan Margin of
Safety (batas keamanan) dari struktur yang dianalisis.
Dari analisis tegangan struktur access panel dengan jenis tutup berbeda
menggunakan MSC Patran/Nastran diperoleh hasil tegangan maksimum tutup
struktural 6,81 N/mm2 dengan Margin of Safety 65,81, sedangkan tutup nonstruktural
11,1 N/mm2 dengan Margin of Safety 40,37. Hasil analisis
menunjukkan bahwa nilai tegangan maksimum access panel dengan tutup
struktural lebih kecil dibandingkan access panel dengan tutup non-struktural, hal
tersebut menunjukkan bahwa access panel dengan tutup struktural lebih kuat
ketika mengalami pembebanan. Sedangkan nilai Margin of Safety menunjukkan
bahwa access panel dengan menggunakan kedua jenis tutup ini aman ketika
mengalami pembebanan.
(kata kunci: access panel, finite element method, maximum stress, margin of
safety)
|