ABSTRAK :
Engine Test Cell adalah suatu prasarana yang dibutuhkan untuk menguji
engine dalam mencapai spesifikasi performasi yang ditentukan, setelah engine
tersebut di-repair atau di-overhaul. Semakin hari kita rasakan juga semakin
terbatas untuk mendapatkan suatu lokasi yang memadai guna membangun
prasarana test cell ini, padahal selama ini kebanyakan prasarana pengujian mesin
dilakukan ditempat terbuka yang mengakibatkan dampak yang cukup serius
terhadap lingkungan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendapatkan informasi faktor-faktor utama
yang perlu dipertimbangkan untuk merancang prasarana pengetesan mesin
pesawat yang ekonomis, aman, akurat serta ramah lingkungan dari mesin pesawat
jenis turboprop. 2. Mendapatkan data empiris serta informasi tentang karakter
aerodinamika dari pengetesan mesin pesawat jenis turboprop di dalam ruangan
tertutup. 3. Mendapatkan data-data empiris serta informasi dari polusi suara yang
mungkin ditimbulkan pada saat pengetesan mesin pesawat di dalam ruangan
tertutup.
Kinerja dari peredam suara (acoustic material) untuk digunakan dalam
perancangan engine test cell room dijelaskan dalam kekuatannya untuk menyerap
tingkat tekanan suara (sound pressure level) yang dihasilkan oleh engine
turboprop yang bernilai 132 dB. Dari hasil perhitungan NR ini, telah memenuhi
kriteria suatu intensitas suara pada frekuensi 125 Hz sebesar 73,51 dB yang tidak
merusak pendengaran, karena intensitas suara pada normal speech adalah bernilai
60 dB.
Kata kunci : Engine Test Cell, turboprop, acoustic material.
|