© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEKUATAN PADA STRUKTUR RANGKA UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI ENGINE MOUNTING PESAWAT CESSNA R172N SKYHAWK
Penulis
DONNY ISMU WARDHANA SUGONDO
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso, M.T. - Ir. Heru Yudanarsa

ABSTRAK :
Salah satu bagian struktur pesawat yang sangat vital adalah engine mounting. Pada pesawat Cessna R172N Skyhawk engine mounting selain menahan berat engine saat bermanuver juga menahan gerakan propeller yang direct drive dengan putaran engine. Perlu dilakukan analisis kekuatan struktur pada model yang menyerupai engine mounting untuk mengetahui seberapa besar kekuatan struktur engine mounting tersebut sehingga diketahui batasan-batasan putaran engine dan manuver yang aman dalam penerbangan. Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIA V5R16. Terdapat dua pembebanan berbeda dalam analisis ini yaitu pembebanan pada saat engine diam dan pembebanan saat melakukan manuver (n=3,8 dan n=4,4), dilakukan dengan empat variasi ukuran mesh yaitu default mesh, 50mm dan 20mm. Analisis juga akan dilakukan menggunakan perhitungan euler buckling load pada tiap-tiap bagian struktur. Dari analisis dengan menggunakan software CATIA didapatkan hasil bahwa stuktur engine mounting seluruhnya aman. Nilai tegangan maksimum pada n=4,4 sebesar 1,9654e+008 N/m2 atau 196,54 MPa dan nilai margin of safety sebesar 1,21. Analisis menggunakan perhitungan euler buckling, nilai margin of safety pada bagian struktur yang mendapatkan euler buckling load terbesar sebesar 33,65. Kata kunci : Cessna R172N Skyhawk, Engine Mounting, CATIA V5R16, Analisis Statik , Euler Buckling Load, Tegangan, Margin of Safety.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DONNY ISMU WARDHANA SUGONDO
NIM : 06150146
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024