© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KONSEPTUAL DESAIN RUDDER CONTROL SYSTEM PADA PESAWAT RAY JET
Penulis
ANNA YAHYA
Pembimbing : Moh.Ardi Cahyono, ST., MT. - Ir Heru Yudanarsa

ABSTRAK :
Rudder merupakan salah satu bagian yang penting dari pesawat terbang. dan komponen utama pesawat yang ditujukan untuk dapat menjaga kestabilan direksional sewaktu pesawat tersebut dalam keadaan terbang. Adapun batasan operasional rudder surface pada rudder pesawat ini, defleksi kekanan 300 dan defleksi kekiri 300. Sistem hidrolik rudder dirancang agar mampu beroperasi dengan normal pada kondisi extreme lingkungan,yaitu pada suhu -400C dan pada suhu 1000C. Salah satu cara untuk mengetahui kwalitas kinerja rudder control system pada pesawat adalah dengan melakukan perhitungan gaya-gaya aerodinamika pada rudder surface dan perhitungan hidrolik pada rudder control system. Dimana, analisis dilakukan saat pesawat terbang pada kondisi diving speed (Vd). Dari hasil analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai FAero maksimal sebesar 125545,2 N, panjang piston stroke (X2) sebesar 0,0628 m, dan diperlukan gaya pada actuator (FA) sebesar 232.508,6 N, serta memiliki piston diameter pada servo-actuator sebesar 11,985 cm. Untuk hydraulic-flow demand dari rudder system, diperlukan aliran sebesar 21,24 LPM. Sehingga disimpulkan bahwa Rudder control system pesawat RAY JET dapat beroperasi dengan baik pada kisaran suhu -400C sampai 1000C pada lingkungan, bila memenuhi batasanbatasan tersebut diatas. (Kata kunci : rudder, aerodinamika, hydraulic system)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ANNA YAHYA
NIM : 06050103
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024