ABSTRAK :
Karakteristik aerodinamika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bidang ilmu aplikasi aerodinamika yang ditujukan untuk mendapatkan bentuk benda yang aerodinamis. Dalam penelitian ini digunakan engine nacelle dengan jenis engine P&WC 615F pada pesawat light jet NMX-1 sebagai model yang akan di analisis karakteristik aerodinamikanya menggunakan program CFD. Engine nacelle adalah pelindung engine juga merupakan pembuat streamline aliran udara yang mengalir di sekitar engine/mesin pesawat terbang dan membantu mendinginkan engine dengan mengalirkan udara di sekitar engine.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis nilai CL dan CD terhadap variasi sudut serang (α)/AoA selain itu juga untuk mengetahui karakteristik pendistribusian tekanan, temperatur, densitas, kecepatan fluida dan viskositas turbulen pada engine nacelle dan mengetahui pengaruh variasi sudut serang/AoA terhadap separasi gerakan fluida yang melewati engine nacelle.
Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa semakin besar sudut serangnya maka semakin besar nilai koefisien lift (CL) yang dihasilkan dan nilai koefisien drag (CD) yang dihasilkan pun semakin besar, Selain itu karakteristik aliran tekanan, temperature, kecepatan, densitas dan viskositas turbulen berdasarkan hasil analisis contour akan semakin berbeda. Separasi yang dihasilkan semakin banyak terjadi pada bagian outer exhaust top nacelle wall. Separasi semakin besar maka drag yang dihasilkan akan semakin besar.
Kata Kunci: Aerodinamika, Engine nacelle, CL, CD, AoA, CFD (Fluent).
|