ABSTRAK :
Blok rem adalah salah satu komponen dari sistem pengereman lokomotif
yang sangat penting karena posisi dan kegunaannya dalam pengereman.
Perlakuan panas quenching yang akan dilakukan pada blok rem mempunyai
tujuan untuk meningkatkan ketahanan aus, menambah kekerasan serta mengubah
struktur mikro untuk penggunaan yang lebih baik. Pada blok rem lokomotif
dengan bahan besi tuang kelabu, memiliki kekerasan, keuletan dan sifat tahan aus
yang baik, namun perlu ditingkatkan lagi sifat-sifat dari blok rem tersebut
berhubung semakin banyaknya kebutuhan transportasi dengan menggunakan
kereta api, baik itu oleh masyarakat umum, instansi maupun jasa pengiriman
barang.
Untuk mendapatkan hasil blok rem lokomotif yang baik, maka dilakukan
pengujian yang sesuai dengan kegunaan dan spesifikasinya sebagai alt
pengereman utama. Pengujian kekerasan, struktur mikro dan ketahanan aus
dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh suhu yang berbeda-beda
dengan perlakuan panas quenching dan tempering yang diberikan pada blok rem
lokomotif dapat mengubah tingkat kekerasan, struktur mikro dan ketahanan aus
dari blok rem lokomotif itu sendiri.
Kata kunci Blok Rem Lokomotif, Besi cor Kelabu, Quenching, tempering,
Keausan, Kekerasan, Struktur Mikro
|