© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PEMODELAN RANGKAIAN SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR UNTUK MESIN SEPEDA MOTOR 2 TAK 150 CC
Penulis
MUHAMMAD ABDUL AZIZ
Pembimbing : - - -

ABSTRAK :
Dewasa ini penelitian dan pengembangan motor bakar 2 tak difokuskan pada penghematan bahan bakar dan masalah emisi gas buang. Sebagaimana dimaklumi kandungan bahan bakar fosil di dunia ini terbatas dan makin menipis. (Blue print Pengelolaan Energi Nasional 2005-2025, ESDM, Jakarta 2006). Hal ini menuntut tersedianya suatu engine yang efisien dalam pemakaian bahan bakar, dan emisi gas buang yang rendah. Usaha yang dapat dilakukan adalah modifikasi sistem bahan bakar dari sistem bahan bakar konvensional menjadi sistem injeksi.(Potensi Pengembangan Motor Bakar 2 Langkah, TELIMEK LIPI 1996). Penelitian ini dimaksudkan untuk membuat rangkaian sistem injeksi bahan bakar dan mencari data tekanan bahan bakar, debit semprotan bahan bakar, dan durasi bahan bakar untuk penyemprotan dari injektor. Data yang diperoleh berdasarkan pengujian untuk mengetahui bentuk semprotan bahan bakar, banyaknya semprotan bahan bakar yang dikeluarkan dengan gelas ukur, dan tekanan bahan bakar yang diketahui menggunakan pressure gauge, nantinya akan digunakan sebagai dasar acuan untuk membuat sistem injeksi bahan bakar yang akan menggantikan sistem bahan bakar konvensional sepeda motor 2 tak 150 cc. Dari hasil penelitian dan pengujian, dihasilkan rangkaian sistem injeksi bahan bakar dengan komponen meliputi ; pompa bahan bakar, katup-katup kontrol, dan injektor. Sedangkan data yang dihasilkan tekanan bahan bakar adalah 50bar, debit bahan bakar 2.32cc/detik, dan durasi waktu injeksi 5.00 milidetik dalam 3000 rpm. Kata kunci : motor bensin 2 tak, sistem injeksi, injektor .


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD ABDUL AZIZ
NIM : 06040011
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024