ABSTRAK :
Dewasa ini penelitian dan pengembangan motor bakar 2 tak difokuskan
pada penghematan bahan bakar dan masalah emisi gas buang. Sebagaimana
dimaklumi kandungan bahan bakar fosil di dunia ini terbatas dan makin menipis.
(Blue print Pengelolaan Energi Nasional 2005-2025, ESDM, Jakarta 2006). Hal
ini menuntut tersedianya suatu engine yang efisien dalam pemakaian bahan
bakar, dan emisi gas buang yang rendah. Usaha yang dapat dilakukan adalah
modifikasi sistem bahan bakar dari sistem bahan bakar konvensional menjadi
sistem injeksi.(Potensi Pengembangan Motor Bakar 2 Langkah, TELIMEK LIPI
1996). Penelitian ini dimaksudkan untuk membuat rangkaian sistem injeksi bahan
bakar dan mencari data tekanan bahan bakar, debit semprotan bahan bakar, dan
durasi bahan bakar untuk penyemprotan dari injektor.
Data yang diperoleh berdasarkan pengujian untuk mengetahui bentuk
semprotan bahan bakar, banyaknya semprotan bahan bakar yang dikeluarkan
dengan gelas ukur, dan tekanan bahan bakar yang diketahui menggunakan
pressure gauge, nantinya akan digunakan sebagai dasar acuan untuk membuat
sistem injeksi bahan bakar yang akan menggantikan sistem bahan bakar
konvensional sepeda motor 2 tak 150 cc.
Dari hasil penelitian dan pengujian, dihasilkan rangkaian sistem injeksi
bahan bakar dengan komponen meliputi ; pompa bahan bakar, katup-katup
kontrol, dan injektor. Sedangkan data yang dihasilkan tekanan bahan bakar
adalah 50bar, debit bahan bakar 2.32cc/detik, dan durasi waktu injeksi 5.00
milidetik dalam 3000 rpm.
Kata kunci : motor bensin 2 tak, sistem injeksi, injektor .
|