© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

ANALISA PERFORMA ENGINE TURBOPROP PT6A-62 PESAWAT KT-1B DALAM BEBERAPA KONDISI TAKE-OFF
Penulis
ESMENIO FERREIRA BARROS
Pembimbing : - - -

ABSTRAK :
Motor Turboprop adalah salah satu turbin gas yang memanfaatkan putaran propeller untuk mendapatkan gaya dorong (thrust). Propeller diputar oleh power turbine melalui reduction gear, prinsipnya kerja dari motor turboprop pada dasarnya sama dengan motor gas turbin lainnya, yang membedakan adalah letak pada cara mengubah high speed turbin ke dalam thrust yang akan digunakan sebagai tenaga penggerak atau pendoron pesawat terbang. Performa suatu engine pesawat saat dirancang dan diproduksi oleh pabrik tentunya tidak akan sama dengan ketika mesin tersebut dipasang pada saat terbang, dengan kata lain performa mesin akan mengalami perubahan atau perbedaan pada kondisi take – off yang dianalisa pada kondisi normal take – off di pagi hari dengan temperatur 280C, Siang hari dengan temperatur 320 C, dan pada malam hari dengan temperatur 270C. Dari analisa temperatur yang dihasilkan oleh engine turboprop PT6A-62 pesawat KT-1B mengalami perubahan performa pada siang hari dengan nilai effisiensi propulsi (ηp) 0,8345 lebih bagus dibandingkan effisiensi propulsi pada pagi hari dan pada malam hari dengan nilai effisiensi propulsi (ηp) adalah 0,8352 dan 0,8355. Kata Kunci: Engine Turboprop, Kinerja Engine, Temperatur, Effisiensi Propulsi.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ESMENIO FERREIRA BARROS
NIM : 07140008
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022