© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS TEGANGAN DAN OPTIMASI MASSA STRUKTUR KOMPOSIT NOSE LANDING GEAR PESAWAT LSU-05 MENGGUNAKAN SOFTWARE MSC PATRAN/NASTRAN
Penulis
YULIVER SIDABALOK
Pembimbing : M. Ardi Cahyono, ST., MT. - Dwi Hartini, S.T,.M.T

ABSTRAK :
Nose landing gear pada pesawat sangat berperan penting untuk keseimbangan dan sekaligus penopang sebagian beban dari berat pesawat, distribusi beban yang diterima nose landing gear normalnya berada pada 8 persen - 15 persen dari berat maximum take off weight. Karena harus memiliki struktur sangat ringan dan sekaligus kuat pada saat mengalami pembebanan, pemakaian material komposit adalah solusi struktur yang optimal, dan oleh karena itu maka analisis tegangan dan optimasi pada struktur komposit nose landing gear dilakukan. Dengan perangkat lunak MSC Patran Nastran, analisis dan optimasi struktur komposit bisa dilakukan. Adapun optimasi pada patran nastran ini memakai SOL 200 design optimization and sensitivity. Mathematical programming perangkat ini menentukan optimal dengan memvariasi variabel. Dari hasil analisis tegangan komposit nose landing gear pesawat LSU-05 ini didapat nilai tegangan kritis initial pada arah serat 50,6 MPa dan tegangan semakin meningkat setelah optimasi yaitu 130 MPa, dan dengan variabel ketebalan ditemukan hasil optimal massa yaitu dengan berat awal 0,38 Kg berkurang sebesar 37,41 persen atau 0,23 Kg. Nilai kriteria kegagalan pada analisis setelah optimasi adalah 0,85 maka dengan Menurut kriteria kegagalan Tsai-Hill failure indice criterion jika tidak melebihi satu atau mencapai satu berarti struktur komposit dinyatakan aman, dengan demikian struktur komposit nose landing gear LSU-05 adalah aman. (kata kunci : Composite, Finite Element Methode, Optimization, Failure Indice Criterion )


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : YULIVER SIDABALOK
NIM : 11050056
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024