© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH KECEPATAN ALIRAN UDARA TERHADAP PERUBAHAN KOEFISIEN LIFT DAN KOEFISIEN DRAG PADA AIRFOIL NACA 0015 DENGAN MENGGUNAKAN LOW SUBSONIC WIND TUNNEL
Penulis
PITHER ANTON SIRAMI
Pembimbing : Ir. Suyitmadi, MT. - Anang Setiawan, ST., MT.

ABSTRAK :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terhadap koefisien gaya angkat (lift) dan koefisien gaya hambat (drag) sayap pesawat terbang. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap airfoil NACA 0015 segiempat dengan panjang (span) 13,5 cm dan panjang (chord) 10,5 cm sehingga luas sayap 0,014175 m2 dengan menggunakan terowongan angin berkecepatan subsonik rendah terhadap 3 variasi aliran adalah 10 m/detik, 15 m/detik dan 17 m/detik dengan variasi sudut serang sehingga memperoleh data pengujian benda uji (sayap) berupa lift dan drag. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah semakin tinggi, terlihat bahwa harga CL dan CD relatif lebih besar pada sudut serang yang sama. Demikian juga harga CLmax, bahwa semakin tinggi kecepatan harga CLmax makin tinggi. Selanjutnya sudut serang stall akan semakin besar pada kecepatan yang lebih tinggi. Kata kunci: Sayap airfoil NACA 0015, Terowongan Angin Subsonik Rendah, Sudut Serang, Koefisien Lift dan Drag.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PITHER ANTON SIRAMI
NIM : 06040005
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022