ABSTRAK :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terhadap
koefisien gaya angkat (lift) dan koefisien gaya hambat (drag) sayap pesawat
terbang. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap airfoil NACA 0015
segiempat dengan panjang (span) 13,5 cm dan panjang (chord) 10,5 cm sehingga
luas sayap 0,014175 m2 dengan menggunakan terowongan angin berkecepatan
subsonik rendah terhadap 3 variasi aliran adalah 10 m/detik, 15 m/detik dan 17
m/detik dengan variasi sudut serang sehingga memperoleh data pengujian benda
uji (sayap) berupa lift dan drag. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
semakin tinggi, terlihat bahwa harga CL dan CD relatif lebih besar pada sudut
serang yang sama. Demikian juga harga CLmax, bahwa semakin tinggi kecepatan
harga CLmax makin tinggi. Selanjutnya sudut serang stall akan semakin besar pada
kecepatan yang lebih tinggi.
Kata kunci:
Sayap airfoil NACA 0015, Terowongan Angin Subsonik Rendah, Sudut Serang,
Koefisien Lift dan Drag.
|