© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Analisis Pengaruh Sudut Winglet Terhadap Koefisien Lift dan Koefisien Drag Pada Pesawat NACA 2412 dengan Variasi Kecepatan Aliran Angin
Penulis
ERIKSON MARPAUNG
Pembimbing : M. Ardi Cahyono, ST., MT - Anton Setiawan H, S.Kom, MT

ABSTRAK :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sudut winglet terhadap koefisisen lift ( Cl ) dan koefisien drag ( Cd ) pada pesawat terbang. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap airfoil NACA 2412 segiempat dengan panjang masing-masing sayap (span),untuk tanpa winglet 150 mm,winglet dengan sudut 450 150,176 mm,winglet dengan sudut 600 dan panjang (chord) 0,05 mm dengan menggunakan terowongan angin berkecepatan subsonik rendah (low subsonic wind tunnel) terhadap 3 variasi aliran adalah 10 m/s, 15 m/s dan 20 m/s dengan variasi sudut serang adalah 0.2,5.5.7,5.10 sehingga memperoleh data pengujian benda uji (sayap) berupa lift dan drag.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah winglet dapat mempengaruhi karakteristik drag pada model sayap NACA 2412 untuk mengurangi induced drag dan dapat berfungsi dengan baik pada sudut α (sudut serang) > 2.50.Winglet dengan sudut pemasangan 450 mampu mengurangi induced drag lebih besar daripada model sayap dengan sudut 600,dengan demikian winglet pemasangan sudut 450 lebih efisien (baik) dalam mengurangi induced drag,karena dalam posisi kecepatan 20 m/s hanya winglet dengan sudut 450 yang mampu menghasilkan induced drag. Kata kunci: Sayap airfoil NACA 2412, Terowongan Angin Subsonik Rendah, Sudut Serang, Koefisien Lift dan Drag.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ERIKSON MARPAUNG
NIM : 06040018
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024