© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PANTAI MARINA HOTEL DENGAN MATRIK IE, MATRIK SWOT DAN MATRIK QSPM
Penulis
VINCENTIA FRESKI UTARI
Pembimbing : Marni Astuti, ST, MT - Uyuunul MAUIDZOH, ST., MT

ABSTRAK :
Dalam industri perhotelan persaingan yang terjadi sangatlah ketat, dalam hal ini setiap hotel yang ada berlomba-lomba menawarkan produk-produk untuk menarik hati para customer ataupun calon customer. Dalam penelitian ini menganalisa kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal Pantai Marina Hotel, kemudian menganalisa posisi Pantai Marina Hotel dengan matriks IE dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi Pantai Marina Hotel. Data dan informasi penelitian didapat melalui wawancara, observasi dan pengisian kuesioner. Kemudian dianalisa menggunakan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation), matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matrik SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matriks I-E (Internal Eksternal) dan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Hasil analisis menggunakan matrik Internal-Eksternal (IE) menunjukkan Pantai Marina Hotel berada pada posisi kuadran ke V. Posisi ini disebut Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara), dan strategi yang tepat digunakan pada posisi ini adalah mempertahankan kualitas pelayanan jasa, mempertahankan promosi dan riset pemasaran. Dari analisis SWOT dihasilkan 5 alternatif strategi, yaitu:1) Mempertahankan kualitas pelayanan dengan fasilitas yang memadai untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen. 2) Memanfaatkan letak yang strategis dan view pantai yang indah serta mempromosikannya untuk menghadapi pesaing, mendapatkan konsumen baru dan menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan masyarakat. 3) Meningkatkan kepuasan internal untuk menghadapi pesaing dan untuk meningkatkan hubungan kerjasama dengan masyarakat sekitar. 4) Melakukan riset dan bauran promosi yang lebih efektif. 5) Melakukan perbaikan fasilitas gedung hotel untuk menghadapi pesaing. Dengan menggunakan matrik QSPM maka strategi yang paling baik dilakukan oleh Pantai Marina Hotel adalah: Memanfaatkan letak yang strategis dan view pantai yang indah serta mempromosikannya untuk menghadapi pesaing, mendapatkan konsumen baru dan menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan masyarakat (TAS = 6.5296). Kata kunci : Strategi Pemasaran, matriks Internal Eksternal, matrik SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matriks.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : VINCENTIA FRESKI UTARI
NIM : 07020011
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024