ABSTRAK :
Dalam industri perhotelan persaingan yang terjadi sangatlah ketat, dalam
hal ini setiap hotel yang ada berlomba-lomba menawarkan produk-produk untuk
menarik hati para customer ataupun calon customer. Dalam penelitian ini
menganalisa kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman
eksternal Pantai Marina Hotel, kemudian menganalisa posisi Pantai Marina Hotel
dengan matriks IE dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi Pantai
Marina Hotel.
Data dan informasi penelitian didapat melalui wawancara, observasi dan
pengisian kuesioner. Kemudian dianalisa menggunakan matriks EFE (Eksternal
Factor Evaluation), matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matrik SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matriks I-E (Internal
Eksternal) dan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks).
Hasil analisis menggunakan matrik Internal-Eksternal (IE) menunjukkan
Pantai Marina Hotel berada pada posisi kuadran ke V. Posisi ini disebut Hold and
Maintain (pertahankan dan pelihara), dan strategi yang tepat digunakan pada
posisi ini adalah mempertahankan kualitas pelayanan jasa, mempertahankan
promosi dan riset pemasaran. Dari analisis SWOT dihasilkan 5 alternatif strategi,
yaitu:1) Mempertahankan kualitas pelayanan dengan fasilitas yang memadai
untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen. 2) Memanfaatkan
letak yang strategis dan view pantai yang indah serta mempromosikannya untuk
menghadapi pesaing, mendapatkan konsumen baru dan menjalin kerjasama yang
baik dengan pemerintah dan masyarakat. 3) Meningkatkan kepuasan internal
untuk menghadapi pesaing dan untuk meningkatkan hubungan kerjasama dengan
masyarakat sekitar. 4) Melakukan riset dan bauran promosi yang lebih efektif. 5)
Melakukan perbaikan fasilitas gedung hotel untuk menghadapi pesaing. Dengan
menggunakan matrik QSPM maka strategi yang paling baik dilakukan oleh Pantai
Marina Hotel adalah: Memanfaatkan letak yang strategis dan view pantai yang
indah serta mempromosikannya untuk menghadapi pesaing, mendapatkan
konsumen baru dan menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah dan
masyarakat (TAS = 6.5296).
Kata kunci :
Strategi Pemasaran, matriks Internal Eksternal, matrik SWOT dan
Quantitative Strategic Planning Matriks.
|