ABSTRAK :
CV. EFFA Indoboga (Tela Tela Fried Cassava) merupakan perusahaan
franchise di bidang makanan menggunakan gerobak. Dengan maraknya usaha
franchise yang bermunculan terutama untuk franchise makanan menggunakan
gerobak, tentunya membuat persaingan usaha yang semakin kompetitif. Maka
manajemen perusahaan harus mempunyai sasaran strategi dalam pencapaian visi
dan misi perusahaan. Untuk mengetahui tingkat pencapaian sasaran strategi
perusahaan, maka dibutuhkan suatu alat ukur yang dapat mengukur kinerja
tersebut. Dengan mempergunakan konsep Balanced Scorecard dapat membantu
manajemen perusahaan untuk membuat peta strategi yang berisi sasaran – sasaran
strategis berdasarkan visi dan misi perusahaan. Sasaran strategi kemudian
dipergunakan untuk menentukan indikator pengukuran kinerja perusahaan.
Dimana indikator ini, dapat dipergunakan untuk mengukur kinerja sesuai kondisi
perusahaan franchise yang sesungguhnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengukuran kinerja
CV. EFFA Indoboga (Tela Tela Fried Cassava) dengan menggunakan metode
Balanced Scorecard yang meliputi perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis
internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pembobotan elemen – elemen yang
terdapat dalam pengukuran kinerja menggunakan metode Analytical Hierarchy
Process (AHP) dengan bantuan software Expert Choice, sedangkan dalam
penghitungan skornya menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Dengan
metode ini dapat diketahui nilai kinerja perusahaan untuk setiap perspektif
maupun dari keseluruhan kinerja perspektif secara komprehensif, koheren,
berimbang dan terukur.
Hasil analisis berdasarkan visi, misi dan strategi perusahaan terbentuk 10
sasaran strategis. Berdasarkan 10 sasaran strategis terbentuk 10 Key Performance
Indicator (KPI), terdiri atas 2 KPI pada perspektif keuangan, 4 KPI pada
perspektif pelanggan, 2 KPI pada perspektif proses bisnis internal, dan 2 KPI pada
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Secara keseluruhan, indeks pencapaian
kinerja CV. EFFA Indoboga (Tela Tela Fried Cassava) berada pada kategori
standar atau rata – rata yaitu sebesar 3,301.
Kata kunci
: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP),
Objective Matrix (OMAX)
|