© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN LOGIKA FUZZY METODE TSUKAMOTO
Penulis
KUSTIA NINGSIH
Pembimbing : Anton Setiawan H., S.Kom, M. T - Maya Suhayati, M.Kom

ABSTRAK :
Proses penerimaan siswa baru, sering mengalami masalah sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat pada saat dibukanya pendaftaran penerimaan siswa baru, sekolah sering mengalami kesibukan ketika harus memberi penilaian siswa yang harus diterima dan tidak diterima. Metode Logika Fuzzy merupakan suatu cara yang tepat dalam menyelesaikan masalah ini, dimana Logika Fuzzy dapat memetakan ruang input dan output dari masalah yang ada kemudian dapat ditentukan himpunan, fungsi anggota dan operasi logika yang akan dipakai dalam membangun sistem. Pada Metode Tsukamoto, setiap konsekuen pada aturan yang berbentuk IF-THEN harus direpresentasikan dengan suatu himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang monoton. Sebagai hasilnya, output hasil inferensi dari tiap-tiap aturan diberikan secara tegas (crisp) berdasarkan α-predikat (fire strength). Hasil akhirnya diperoleh dengan menggunakan rata-rata terbobot Sistem Pendukung Keputusan merupakan alat yang dapat digunakan untuk mendukung penerimaan siswa baru di SMA Angkasa dengan menganalisis kriteria standar dasar penentuan penilaian, sehingga tidak terjadi kesalahan yang dapat memberikan kerugian bagi siswa dan sekolah. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto merupakan solusi bagi para pengambil keputusan, dalam menentukan dan mengambil keputusan untuk penerimaan siswa baru setiap tahunnya. Dan dapat meminimalkan waktu perhitungan jumlah siswa yang mendaftar berdasarkan kriteria bila dibandingkan dengan perhitungan secara manual. Kata Kunci : Penentuan penilaian, Metode Logika Fuzzy Tsukamoto, Sistem Pendukung Keputusan


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : KUSTIA NINGSIH
NIM : 06030007
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024