ABSTRAK :
Auxiliary Power Unit (APU) yang digunakan akan mengalami penurunan performance seiring dengan penggunaannya.APU GTCP85-129H yang telah selesai dilakukan perawatan, sebelum dipasang di pesawat terbang, terlebih dahulu harus dilakukan pengujian (testing), guna mengetahui performance dari APU tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi termal pada APU GTCP85-129H dengan menggunakan variabel temperature dan pressure.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performance APU yaitu dengan melakukan perhitungan secara teoritis menggunakan persamaan-persamaan termodinamika siklus turbin gas-daya poros dan persamaan-persamaan termodinamika motor propulsi pesawat terbang untuk mengetahui efisiensi termal (thermal efficiency) pada APU GTCP85-129H.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan persamaan-persamaan termodinamika siklus turbin gas-daya poros dan persamaan termodinamika motor propulsi pesawat terbang diperoleh kesimpulan bahwa nilai efisiensi termal (η_th) dari APU dengan nilai T_t2=818,4958 K maka nilai η_th yang diperoleh 0,5179 dan pada nilai T_t2=691,3376 K maka nilai η_th yang diperoleh 0,6579. Hal ini terjadi karena besarnya nilai efisiensi termal dari APU (η_th) memiliki hasil yang dipengaruhi oleh besarnya nilai dari temperatur total yang masuk ke ruang bakar (T_t2 ), temperatur pembakaran (〖∆T〗_RB ), dan besarnya nilai B_N. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan terlihat maka dapat disimpulkan bahwa metode persamaan termodinamika motor propulsi pesawat terbang mendapatkan hasil yang lebih efisien yaitu 0,6579 dari pada menggunakan metode persamaan termodinamika siklus turbin gas-daya poros yang mendapatkan nilai 0,5179.
Kata kunci:Auxiliary power unit (APU) GTCP85-129H, turbin, efisiensi termal
|