ABSTRAK :
Salah satu problematika utama dalam perancangan pesawat adalah
menentukan jenis konfigurasi pesawat dan jenis airfoil yang akan di gunakan,
serta bagaimana prestasi terbang dari pesawat model control line trainer yang
dirancang dan berapa banyak fuel yang terpakai dalam misi penerbangan dengan
hasil data rancangan, bagaimanakah menentukan konfigurasi dari pesawat, jenis
airfoil yang digunakan
Pesawat Model Control Line Trainer atau dikenal dengan UC Trainer ini
dimodifikasi dari pesawat Control Line Aerobatik ( F2B ) dengan misi untuk
pelatihan dasar penerbang Control Line. Tahapan perancangannya adalah Initial
Sizing (Preliminary Sizing), Design Concept, Analysis Proces, pembuatan dan
penerbangan. Engine yang dipakai adalah OS ENGINE 15 LA. Sistem pengendali
memakai tali sepanjang 15,94 cm. Area ujicoba dan observasi berada disekitar
kampus Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.
Dari hasil pengujian terbang yang dilakukan terdapat perbedaan nilai
range dari perhitungan secara actual dan secara teori hal ini disebabkan karena
pengaruh pengambilan nilai asumsi koefisien induce drag dan koefisien parasite
drag serta pengaruh angin saat pengujian.
Kata Kunci : Initial Sizing (Preliminary Sizing), Design Concept (Software
CATIA), Analysis Proces (Penentuan Sistem), pembuatan dan
penerbangan.
|