ABSTRAK :
Pelayanan di apron dilakukan oleh unit-unit ground handling yang saling bekerja sama untuk bisa memberikan pelayanan terhadap pesawat udara, kegiatan pelayanan dilaksanakan dengan tujuan untuk keselamatan penerbangan, on time performance dan kepuasaan pelanggan. Standar acuan waktu pelayanan yang ditetapkan oleh Internasional Air Transport Association (IATA) untuk pesawat narrow body adalah selama 40 menit. Dengan menganalisis waktu pelayanan, akan dapat dilihat berapa lamanya proses pelayanan yang dilakukan oleh ground handling Kokapura Avia Bandara Internasional Adisutjipto. Adanya kendala yang dihadapi petugas ramp handling dalam memberikan pelayanan agar bisa dicari solusi pemecahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menghitung rata-rata waktu kegiatan unit ground handling terhadap standar yang telah ditetapkan IATA dan menjelaskan keadaan pelayanan yang diberikan terhadap ketersediaan Ground Support Equipment(GSE) serta mencari solusi terhadap kendala yang dihadapi .
Kokapura Avia memiliki 18 jadwal penerbangan reguler yang harus dilayani setiap harinya. Analisis data dilakukan dari ramp activity checklist mulai tanggal 1 maret sampai 10 april 2012, kegiatan yang dianalisis adalah block on-block off, mechanical transit check, unloading, loading, cleaning/servicing, stairs, refueling, pax boarding, flight document dan last door closed. Ketersediaan peralatan GSE dan jumlah personil akan mempengaruhi waktu pelayanan dan banyaknya pelayanan yang bisa dilakukan.
Dari hasil analisis maka diperoleh waktu ground time Lion air selama 36,64 menit dan Wings Air selama 23,38 menit dari standar waktu IATA untuk pesawat narrow body selama 40 menit, ini menandakan bahwa pelayanan yang diberikan sudah optimal. Dari 10 kegiatan yang dianalisis terdapat satu kegiatan pelayan pada pesawat Lion Air yang melebihi waktu pelayanan IATA, yaitu kegiatan pax boarding yang dilakukan selama 14,32 menit dari waktu standar pax boarding selama 12 menit. Keadaan pelayanan terhadap ketersediaan Ground Support Equipment dan hasil analisis waktu ground time sudah baik. Adanya kendala yang dihadapi dalam menangani ramp activity bisa dicari akar permasalahannya dan pemberian solusi, sehingga tujuan yang ingin dicapai ground handling dapat terwujud.
Kata Kunci : Pelayanan, Ramp Activity, Ground Time
|