KONSEPTUAL DESAIN LANDING GEAR RETRACTION AND EXTENSION SYSTEM PADA PESAWAT JENIS TRANSPORT |
Penulis DEDY APRIHADI SATRYO
Pembimbing : Gunawan, ST., MT - Ir. Heru Yudanarsa
|
ABSTRAK :
Landing gear merupakan salah satu bagian yang penting dari pesawat terbang dan salah satu komponen pesawat yang berfungsi untuk dapat menahan beban untuk ditransmisikan ke struktur utama pesawat sewaktu pesawat tersebut melakukan pendaratan. Untuk mengurangi gaya hambat yang diakibatkan oleh roda pendarat ini selama pesawat melakukan penerbangan khususnya pada saat tinggal landas atau take-off maka pada pesawat jenis transport biasanya dilengkapi dengan suatu sistim yang berguna untuk melipat roda pendarat kedalam ruang penyimpanan yang berada dibadan pesawat. Sistim ini biasa dikenal dengan sebutan Landing Gear Retraction and Extension System.
Salah satu cara untuk mengetahui performansi dari sistim ini adalah dengan melakukan perhitungan yang akan digunakan sebagai acuan untuk mendapatkan dimensi atau parameter-parameter yang diperlukan untuk sistim agar sistim mampu beroperasi dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan serta sesuai dengan regulasi untuk perancangan system roda pendarat yaitu EASA,CS 25.729 (1) (ii), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Landing Gear Retraction and Extension System dapat beroperasi dengan baik pada operasional lingkungan antara suhu -40ºc sampai 100ºc, bila memenuhi batasan batasan sebagai berikut :
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: DEDY APRIHADI SATRYO |
|
NIM |
: 05050044 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|