ABSTRAK :
Ground handling merupakan suatu aktifitas perusahaan penerbangan yang
berkaitan dengan penanganan atau pelayanan terhadap penumpang berikut
bagasinya, kargo, pos, peralatan pergerakan pembantu pesawat terbang itu sendiri
selama di bandar udara, baik untuk keberangkatan ( departure ) maupun kedatangan
( arrival ).
Pelayanan bagasi penumpang dapat dikatakan optimal apabila penumpang
mendapatkan bagasinya dalam keadaan baik, tidak mengalami keterlambatan,
kerusakan, dan terjadi kehilangan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan
penanganan bagasi petugas harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh
perusahaan penerbangan.
Dalam hasil pengamatan yang penulis lakukan di Kokapura Avia
khususnya terhadap ground handling service dalam penanganan bagasi penumpang
sudah sesuai dengan standart operational prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh
maskapai penerbangan Lion Air, baik penanganan bagasi pada saat keberangkatan
(departure) ataupun kedatangan (arrival).
Kata kunci : Ground handling
|