ABSTRAK :
Upper panel merupakan salah satu bagian wing yang terdapat di upper
skin wing dan berperan penting dalam menghasilkan gaya angkat sebuah
pesawat. Karena wing merupakan bagian yang banyak menerima beban baik
beban aerodinamis atau beban yang terpasang di dalam sayap seperti tangki
bahan bakar dan engine sehingga sangat rentan dan mudah patah. Untuk itu
penulis melakukan analisis 3dimensi dan 2dimensi pada upper panel 7 stringer
(model I) dan 9 stringer (model II) dengan luas area yang sama pada beban gaya
angkat dan gaya tekan dengan perhitungan secara manual serta menggunakan
Software CATIA V5R 16 dalam pemodelan, dari software ini dapat diketahui
tegangan dan daerah kritis suatu struktur ketika mendapat suatu pembebanan,
sehingga dari tegangan maksimum tersebut dapat digunakan untuk menentukan
Margin of Safety (batas keamanan) dari struktur yang dianalisis.
Hasil analisis tegangan maksimum struktur upper panel menggunakan
CATIA V5R 16 pada 3D model I gaya angkat sebesar 144 Mpa di stringer nomer
4, 3D model II gaya angkat sebesar 173 Mpa di stringer nomer 5, 2D model I
gaya angkat sebesar 50,2 Mpa di stringer nomer 4 ,dan 2D model II gaya angkat
sebesar 61,3 Mpa di stringer nomer 1, sedangkan pada 3D model I gaya tekan
sebesar 78,6 Mpa di stringer nomer 4, 3D model II gaya tekan sebesar 39,6 Mpa
di stringer nomer 5 , 2D model I gaya tekan sebesar 5,68 Mpa di stringer nomer 4
,dan 2D model II gaya tekan sebesar 5,28 Mpa di stringer nomer 5.
Kesimpulan yang di peroleh adalah pemodelan struktur upper panel
model I dan model II dilakukan dengan perhitungan secara manual untuk
memperoleh Margin of Safety serta menggunakan software CATIA V5R16 dalam
pemodelan. Tegangan maksimum analisis 3D dengan beban gaya angkat adalah
model II sebesar 173 Mpa, pada beban gaya tekan adalah model I sebesar 78,6
Mpa, pada analisis 2D beban gaya angkat adalah model II sebesar 61,3 Mpa, dan
pada analisis 2D beban gaya tekan adalah model I sebesar 5,68 Mpa. Margin of
Safety terkecil untuk analisis 3D beban gaya angkat adalah model II sebesar -
0,44 (tidak aman), Margin of Safety terkecil untuk analisis 3D beban gaya tekan
adalah model I sebesar 0,94 (aman), Margin of Safety terkecil untuk analisis 2D
beban gaya angkat adalah model II sebesar 0,59 (aman), dan Margin of Safety
terkecil untuk analisis 2D beban gaya tekan adalah model II sebesar 17,5 (aman).
Untuk analisis 3D pada pembebanan gaya angkat maupun gaya tekan struktur
yang baik adalah model I, dan untuk analisis 2D pada pembebanan gaya angkat
maupun gaya tekan struktur yang baik adalah model II.
Kata kunci: Upper panel, CATIA V5R 16, Tegangan maksimum, Margin of Safety
|