ABSTRAK :
Perawatan pesawat terbang dilakukan untuk menjaga keandalan
(reliability) dan ketersediaan (avaliability) dari komponen valve dan piston yang
menunjang kinerja pesawat terbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
dan menganalisis keandalan (reliability) dari brake system pesawat AS-202/18A3
Bravo berdasarkan jumlah landing pesawat dengan tail number LM2011, dilihat
dari terjadinya kegagalan selama operasional dilapangan, nilai terhadap
keandalan (reliability) sebagai acuan terhadap prestasi suatu sistem dan
mengevaluasi efektifitas perawatan sistem tersebut.
Metode yang digunakan dalam analisis ini menggunakan metode konsep
reliability dengan melakukan perhitungan di microsoft excel. Dengan penafsiran
“Beta Shape Parameter” sebagai perumusan dasar dalam melakukan analisis
untuk memprediksi tingkat keandalan yang terjadi pada brake system pesawat AS-
202/18A3 Bravo. Dengan melihat perhitungan dan jenis degradasi komponen
yang terjadi maka dapat diketahui jenis perawatan yang efektif untuk komponenkomponen
brake system.
Dari hasil perhitungan nilai Beta β>1,0 yaitu 8,804909, yang
mengindikasikan terjadinya wear out yang mengakibatkan penurunan
kemampuan dari komponen, maka untuk mencegah turunnya performance
komponen dan meningkatkannya kembali dilakukan perawatan preventif yang
mana perawatan ini tindakannya untuk mencegah timbulnya kegagalan pada
komponen yang masih berfungsi dengan baik.
Kata kunci : Perawatan, Weibull, Reliability of system, dan laju kegagalan
|