© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Modifikasi Karburator GenSet Tipe GX 154 Yasuka Dengan Bahan Bakar Dual Fuel (LPG-Bensin)
Penulis
BRURI RIMBAWANTO
Pembimbing : Freddy Kurniawan, ST., MT - Muhrom Khudori, ST

ABSTRAK :
Meningkatnya pemakaian bahan bakar fosil, berkurangan cadangan minyak bumi dan meningkatnya suhu permukaan akibat Efek Gas Rumah Kaca (EGRK) saat ini menjadi permasalahan yang serius. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, saat ini dikembangkan pemakaian bahan bakar alternatif diantaranya adalah gas LPG. Agar mesin dapat menggunakan LPG sebagai bahan bakar, diperlukan adanya modifikasi pada karburator supaya bisa menggunakan 2 bahan bakar (dual-fuel) LPG dan bensin. Dalam penelitian ini akan dilakukan modifikasi pada karburator dengan menambahkan saluran masuk bahan bakar untuk biogas dalam karburator. Dalam penelitian ini, tahapan awal yang dilakukan adalah mengkaji mesin bensin 4 langkah, bahan bakar gas LPG dan selanjutnya adalah perancangan karburator agar mampu mencampur bahan bakar berupa gas sesuai kebutuhan mesin dengan tepat. Dari penelitian diperoleh desain modifikasi karburator untuk mesin genset tipe GX 154 YASUKA dengan ditambahkan saluran masuk untuk bahan bakar gas LPG menggunakan pipa kuningan dengan panjang 40 mm berdiameter 8 mm dengan lubang (diameter dalam) 3,36 mm dan panjang 24 mm dengan diameter 8 mm ,5 mm, 4 mm yang bertangga, geometri saluran udara masuk 21 mm, diameter saluran keluar 16 mm, diameter venturi 10 mm. Dari hasil pengujian genset tipe GX 154 YASUKA dengan bahan bakar bensin dengan pembebanan lampu 800 watt pada tegangan 214 volt dan 49,2 HZ diperoleh arus listrik 2,84 ampere dan dengan bahan bakar gas LPG pembebanan lampu 800 watt kami menggunakan hasil yang data yang terbaik yaitu tekanan gas 0,773 pada tegangan 217 volt dan frekuensi 47,7 didapat arus 3,51 ampere. Jika menggunakan bahan bakar dual-fuel data yang terbaik dengan campuran bensin dan gas LPG tekanan 0,703 dengan tegangan 217 volt dan frekuensi 50,2 didapat arus 2,04 ampere. Dari hasil modifikasi didapat dengan mengunakan bahan bakr gas LPG dengan tekanan gas 0,773 dapat mencapai unjuk kerja genset yang maksimal dengan menggunakan bensin pada beban 800 unjuk kerja genset menurun dan jika menggunakan bahan bakar dual fuel unjuk kerja genset tidak maksimal. Kata kunci : modifikasi, karburator, motor bensin, bahan bakar dual fuel (LPG dan Bensin), unjuk kerja.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BRURI RIMBAWANTO
NIM : 08040038
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024