ABSTRAK :
Menipisnya cadangan bahan bakar fosil (BBM), meningkatkan Efek Gas
Rumak Kaca (EGRK) mendorong pemerintah mencari sumber energi alternatif
sebagai bahan bakar untuk subtitusi/pengganti BBM. Untuk menanggulangi
permasalahan tersebut, saat ini dikembangkan pemakaian bahan bakar alternatif
diantaranya adalah biogas. Agar mesin dapat menggunakan biogas sebagai
bahan bakar, diperlukan adanya modifikasi pada sistem bahan bakar.
Dalam penelitian ini, tahapan awal yang dilakukan adalah mengkaji
mesin bensin 4 langkah, kandungan bensin dan biogas. Dan selanjutnya adalah
perancangan karburator agar mampu mencampur bahan bakar berupa gas sesuai
kebutuhan mesin dengan tepat.
Dari penelitian diperoleh desain modifikasi karburator untuk mesin genset
tipy TY 168 FA dengan penambahan saluran masuk untuk biogas ke dalam
karburator menggunakan pipa kuningan dengan panjang 40 mm berdiameter 8
mm dengan diameter dalam 3,9 mm dan panjang 24 mm dengan diameter 7 mm, 6
mm, dan 4 mm yang bertangga. Geometri saluran udara masuk 22,5 mm,
diameter saluran udara keluar 18 mm, diameter venturi 14 mm. Dari hasil
pengujian genset tipe TY 168 FA didapatkan pencampuran biogas dan bensin
yang ideal untuk memaksimalkan kinerja genset tipe TY 168 FA dengan bukaan ΒΌ
putaran kran regulator dengan beban 1800 watt menghasilkan arus sebesar 6,84
Ampere, tegangan 194 Volt, dan putaran Mesin 2430 Rpm.
Kata kunci : modifikasi, karburator, dual fuel, biogas, dan unjuk kerja.
|