ABSTRAK :
Bisnis ritel harus mengutamakan kerjasama antar departemen yang
dilakukan secara berkesinambungan dan melengkapi. Indomie berkeinginan untuk
mempertahankan konsumen untuk menimbulkan loyalitas terhadap Indomie.
Upaya yang dilakukan adalah memenuhi pasokan indomie di pasar-pasar
swalayan. Manajemen rantai pasokan merupakan suatu pendekatan yang
digunakan untuk mencapai pengintegrasian yang lebih efisien supaya dapat
memenuhi kebutuhan konsumen.
Penelitian ini dilaksanakan di Swalayan Superindo yang berada di Jalan
Sultan Agung No 10 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian adalah konsumen
Swalayan Superindo yang berjumlah 68 yang dipilih secara acak. Variabel dalam
peneltian ini adalah manajemen rantai pasokan yang terdiri dari harga, kualitas,
ketersediaan dan variasi serta loyalitas konsumen. Pengumpuan data dilakukan
dengan kuesioner yang telah diuji validitas maupun reliabilitasnya. Analisis data
menggunakan korelasi dan regresi linear berganda.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa 1). Terdapat pengaruh positif yang
signifikan antara manajemen rantai pasokan yang terdiri dari harga, kualitas,
ketersediaan dan variasi dari mie instan Indomie secara bersama -sama terhadap
loyalitas konsumen, 2). Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara
manajemen rantai pasokan yang terdiri dari harga, kualitas, ketersediaan dan
variasi dari mie instan Indomie secara sendiri-sendiri terhadap loyalitas
konsumen.
Kata kunci : manajemen rantai pasokan, loyalitas, harga, kualitas,
ketersediaan, variasi
|