SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA CREW
DRIVER MENGGUNAKAN RUMUS MEAN DAN METODE LOGIKA
FUZZY TSUKAMOTO
(STUDI KASUS DI PO. BIMO TRANSPORT YOGYAKARTA) |
Penulis RENI OKTAVIANI
Pembimbing : Anton Setiawan H, S.Kom., MT - Nurcahyani Dewi R, .Far., MT
|
ABSTRAK :
PO.BIMO Transport bekerja dalam penyediaan jasa transport baik untuk
dalam kota maupun luar kota . Kinerja driver dalam menjalankan tugas akan
mendukung kelancaran usaha PO.BIMO. Sehingga perlu diadakan penilaian
kinerja crew driver dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yang telah
ditentukan oleh perusahaan.
Perancangan SPK penilaian kinerja crew driver PO. BIMO menggunkan
rumus mean yang diterapkan terlebih dahulu untuk hasil kuosioner penumpang
dan kemudian di selesaikan menggunakan metode logika fuzzy Tsukamoto baik
hasil mean maupun hasil penilaian pimpinan. Metode Min sebagai fungsi
implikasinya, kemudian output hasil implikasi dari tiap-tiap aturan tersebut
diberikan secara tegas berdasarkan derajat keanggotaan terkecilnya yang dikenal
dengan Defuzzifikasi tiap-tiap aturan, selanjutnya penentuan hasil akhir dengan
menerapkan rata-rata terbobot untuk Metode Inferensi Tsukamoto.
Proses penilaian akhir didapat dengan memberikan nilai untuk setiap
driver baik nilai dari kuosioner penumpang yang telah di rata-ratakan
menggunakan rumus mean dan penilaian dari pimpinan yang kemudian di proses
menggunakan logika fuzzy tsukamoto. Sehingga di dapatkan hasil penilaian
kinerja crew driver.
Kata Kunci : SPK, Mean, Tsukamoto, Kinerja Crew Driver
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: RENI OKTAVIANI |
|
NIM |
: 06030029 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|