© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA PENGARUH PENGOPERASIAN FULLY SEGREGATED MODE TERHADAP KAPASITAS RUNWAY PADA BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA
Penulis
ARI TRISTIANTO
Pembimbing : Gunawan, S.T,.M.T - Rulli Medianto, S.T,.M.T

ABSTRAK :
Kepadatan lalulintas udara di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta diakibatkan oleh tidak seimbangnya antara permintaan penggunaan runway dengan kapasitas yang ada. Segregated mode merupakan salah satu mode pengoperasian runway parallel secara terpisah, diyakini dapat meningkatkan kapasitas ranway Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang memiliki runway parallel. Penelitian ini bertujuan Membuat model simulasi untuk pergerakan pesawat udara di runway, meninjau kelayakan Bandar Udara dan mengetahui pengaruh pengoperasian fully segregated mode terhadap kapasitas runway Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Analisa dilakukan dengan memodelkan pergerakan pada runway menggunakan ARENA. Hasil kapasitasl rata-rata runway 07R/07L dan 25R/25L dengan pengaruh SID pada penggunaan separasi 3 NM adalah 91 pesawat dan separasi 2.5 NM adalah 99 pesawat. Sedangkan kapasitasl rata-rata runway 07R/07L dan 25R/25L tanpa pengaruh SID pada penggunaan separasi 3 NM adalah 106 peswat/jam pesawat dan separasi 2.5 NM adalah 115 pesawat/jam. Keberhasilan pembuatan model simulasi dapat mempresentasikan pergerakan pesawat di runway. Berdasarkan kajian dapat disimpulkan pengoperasikan fully segregated mode layak. Pengoprasian Fully Segregated Mode dapat meningkatkan kapasitas runway Bandar Udara Internasioal Soekarno- Hatta sebesar 19.7 persen sampai 51.3 persen dari kapasitas saat ini. Kata Kunci : Model Simulasi, Segregated, Kapasitas Runway, Runway Parallel


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ARI TRISTIANTO
NIM : 10050068
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024