ABSTRAK :
Engine pesawat terbang yang terus digunakan jelas memerlukan perawatan berkala agar performa yang dihasilkan maksimal, efisien dan untuk memenuhi faktor keselamatan. Efisien di sini dimaksudkan bahwa supaya engine dapat menghasilkan kinerja engine yang maksimal sehingga power yang dibutuhkan tercapai dengan penggunaan bahan bakar seminimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana performa komponen pada engine JT8D-15 serta bagaimana efesiensi pesawat tersebut dalam kondisi terbang cruisingnya pada dua seri engine yaitu P-687510 dan P-654819 dan menentukan engine dengan performa terbaik dari kedua seri tersebut. Analisis dilakukan dengan perhitungan manual dan dengan menggunakan software parametric cycle analysis.
Setelah dilakukan analisis maka didapatlah bahwa dengan perhitungan yang telah dilakukan nilai efisiensi kompresor antara 71,530 % - 71,919%, nilai efisiensi turbin antara 83,888% - 84,381%, nilai efisiensi thermal ideal 44,740% - 44,770%, efisiensi thermal real 56,950% - 57,210%, efisiensi propulsive ideal 50,740% - 51,260%, efisiensi propulsive real 35% - 35,150%, efisiensi overall ideal 29,030% - 29,190% dan efisiensi overall real 15,660% - 15,740%.
Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah engine JT8D-15 mempunyai nilai efisiensi kompresor rata-rata 71,86% dan nilai efisiensi turbin rata-rata 84,12%. Dengan menggunakan software parametric cycle analysis didapatkan nilai efisiensi thermal ideal rata-rata 57,08%, efisiensi thermal real rata-rata 44,75%, efisiensi propulsive ideal rata-rata 51%, efisiensi propulsive real rata-rata 35,07%, efisiensi overall ideal rata-rata 29,11% dan efisiensi overall real rata-rata 15,7%.Dan engine seri P-687510 menunjukkan performa lebih baik daripada P-654819.
Kata Kunci: efisiensi kompresor, efisiensi turbin, efisiensi thermal, efisiensi propulsive, efisiensi overall, parametric cycle analysis
|