© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PARAMETRIC CYCLE ANALISIS REAL ENGINE JT8D-15 DENGAN VARIASI KETINGGIAN PADA SAAT CRUISING
Penulis
ROZI DINI HARBI
Pembimbing : M. Ardi Cahyono, ST., MT - Kris Hariyanto, ST., MT

ABSTRAK :
Engine pesawat terbang yang terus digunakan jelas memerlukan perawatan berkala agar performa yang dihasilkan maksimal, efisien dan untuk memenuhi faktor keselamatan.Efisien di sini dimaksudkan bahwa supaya engine dapat menghasilkan kinerja engine yang maksimal sehingga power yang dibutuhkan tercapai dengan penggunaan bahan bakar seminimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana performa engine JT8D-15 dengan variasi ketinggian pada saat cruising serta serta mencari ketinggian terbaik saat pesawat melakukan cruising dengan variasi ketinggian dan mengetahui hubungan antara ketinggian dengan thrust, pada engine JT8D-15. Analisis dilakukan dengan perhitungan manual yang menggunakan software mathcad. Setelah dilakukan analisis maka didapatlah bahwa dengan perhitungan yang telah dilakukan yaitu dengan variasi ketinggian 15000 ft, 25000 ft dan 35000 ft engine JT8D-15 didapatkan hasil pada masing-masing ketinggian yaitu untuk 15000 ft mempunyai nilai thrust = 10004,559 lbf, spesifik fuel comsumpsion = 1,449 (lbm/hr)/lbf, efisiensi thermal = 21,520 %, efisiensi propulsive = 68,074 % dan overall = 14,649 %, sedangkan pada ketinggian 25000 ft mempunyai nilai thrust = 7192,814 lbf, spesifik fuel comsumpsion = 1,531 (lbm/hr)/lbf, efisiensi thermal = 19,823 %, efisiensi propulsive = 67,195 % dan overall = 13,320 %, dan untuk ketinggian 35000 ft mempunyai nilai thrust = 5054,187 lbf, spesifik fuel comsumpsion = 1,613 (lbm/hr)/lbf, efisiensi thermal = 18,278 %, efisiensi propulsive = 66,257 % dan overall = 12,110 %. Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah engine JT8D-15 mempunyai ketinggian terbaik pada 15000 ft, dan semakin tinggi pesawat akan mengakibatkan thrust semakin ber Turun. Kata Kunci: thrust, spesifik fuel comsumpsion, efisiensi thermal, efisiensi propulsive, efisiensi overall.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ROZI DINI HARBI
NIM : 08050092
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024