ABSTRAK :
Structure repair manual (SRM) merupakan panduan yang dikeluarkan
oleh manufaktur kepada pihak maintenance dalam melakukan repair. Begitu juga
dengan modifikasi, SRM berfungsi sebagai acuan dasar dan garis besar dalam
melakukan modifikasi. Dalam aplikasinya modifikasi dapat merubah, mengganti
ataupun membentuk aplikasi struktur yang baru.Untuk mengetahui tingkat
keamanannya maka perlu dilakukan analisis.
Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIA
V5R16. Metode analisis yang dilakukan adalah metode analisis statik dengan
memanfaatkan fasilitas pada software CATIA yaitu generative struktural analysis.
Terdapat 2 jenis pembebanan pada penelitian ini yaitu pressure load dan
distribution load.
Dari hasil analisis perbandingan kekuatan struktur stub beam saat
keadaan normal (tanpa damage), damage (crack) dan repair pada pesawat
BOEING 737-400 tegangan maksimum terdapat pada struktur yang mengalami
crack baik pada pressure load maupun distribution load masing-masing sebesar
1,65×105 N/m2 dan 2,39×107 N/m2. Sedangkan nilai masing-masing dari margine
of safety-nya sebesar 2629,3 dan 17,15. Namun karena hasil dari MS-nya yang
terlalu besar maka dalam skripsi ini dilakukanlah pengujian validasi. Dimana
pengujian validasi merupakan pengujian yang dibuat dalam bentuk part yang
lebih sederhana dari part yang sesungguhnya kemudian dilakukan compute.
Selanjutnya hasil tegangan output dari software dibandingkan dengan
perhitungan manual untuk meyakinkan hasil dari output software sebelumnya.
Kata kunci: Normal, Damage, Repair, Validasi, CATIA V5R16.
|