© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

OPTIMASI TENAGA KERJA BERDASARKAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) PADA PROYEK CORROSION PREVENTIVE CONTROL PROGRAM INSPECTION BOEING 737-200 PK-RPH
Penulis
RAHMAT WAHDANI
Pembimbing : Gunawan, ST., MT - Sri Mulyani, ST

ABSTRAK :
Pengoptimalan tenaga kerja dan pembuatan jaringan kerja merupakan salah satu cara untuk membuat proyek perawatan pesawat menjadi lebih efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan jaringan kerja, menentukan jalur kritis dan total waktu penyelesaian proyek serta mengetahui optimasi tenaga kerja menggunakan metode CPM (Critical Path Method). Analisis dan pembuatan jaringan kerja dilakukan dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Method). Setelah dilakukan analisis pembahasan, pembagian berdasarkan zona pesawat dapat mempengaruhi TAT (Turn Around Time). Pembuatan jaringan kerja CPM dan crushing time tenaga kerja pada proyek perawatan CPCP (Corrosion Preventive Control Program) didapat TAT sebesar 20 hari dari 30 hari estimasi awal dari perusahaan. Kesimpulan dari tugas akhir ini adalah untuk pembuatan jaringan kerja pada proyek perawatan pesawat terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi data. jalur kritis berada pada jalur 1 dengan rangkaian kegiatan A1+ B1+C1+D+ E1+F1+G1+H1+I1+J1+K1+L1+M1+N1+O1+P1+Q1+R1+S1+T1. Dengan total waktu penyelesaian 30 hari. perubahan rangkaian kegiatan pada jalur kritis setelah dilakukannya optimasi tenaga kerja menajdi A1+ B1+ C1+ D1+ E1+ F1+ G1+ H1+ I1+ J1+ K1+ L1+ M1+ N1+ O1+ P1+ Q1. Dengan total waktu penyelesaian menjadi 20 hari. Kata kunci : jaringan kerja, jalur kritis, CPM (Critical Path Method), TAT (Turn Around Time), CPCP (Corrosion Preventive Control Program), crushing time


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RAHMAT WAHDANI
NIM : 08050063
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024