ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung efisiensi engine dengan menghitung seberapa
besar data ideal dan real untuk nilai efisiensi thermal,efisiensi propulsi, dan efisiensi overal
secara teoritis maupun menggunakan software Parametric Cycle Analysis (PARA). Selain
itu, bertujuan untuk mengetahui perbandingan keakuratan antara perhitungan teoritis dengan
perhitungan menggunakan software Parametric Cycle Analysis (PARA). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara (interview).
Berdasarkan hasil analisis perhitungan data ideal untuk nilai efisiensi thermal, efisiensi
propulsi, dan efisiensi overal menggunakan perhitungan teoritis secara berturut-turut:
60.08%, 60.40%, dan 32.29%, sedangkan untuk data real berturut-turut: 40.63%, 65.31%,
dan 26.40%. Perhitungan menggunakan software Parametric Cycle Analisys (PARA) untuk
data ideal secara berturut-turut: 60.08%, 64.53%, dan 35.77%, sedangkan untuk data real
berturut-turut: 37.67%, 60.68%, dan 22.86%.
Perhitungan menggunakan software Parametric Cycle Analysis PARA terdapat beberapa
variabel yang secara otomatis dihasilkan, seperti tekanan temperature, Cpt=0.276 Btu/(lbm
·⁰R), Cpc=0.240 Btu/(lbm ·⁰R), sehingga perhitungannya lebih akurat jika dibandingkan
dengan perhitungan teoritis yang sangat membutuhkan ketelitian, karena tidak terdapat
variabel-variabel yang otomatis tersebut.
Kata kunci : Boeing 737-300, efisiensi engine, engine CFM56-3B2.
|