ABSTRAK :
Maintenance manual merupakan panduan yang dikeluarkan oleh manufaktur kepada pihak maintenance company dalam melakukan maintenance dan repair. Maintenance maintenance berfungsi sebagai acuan dasar dan garis besar dalam melakukan repare. Dalam aplikasinya modifikasi dapat merubah, mengganti ataupun membentuk aplikasi struktur yang baru. Untuk mengetahui tingkat keamanan maka perlu dilakukan analisis.
Pemodelan dan analisis dilakukan menggunakan softwere CATIA V5R17. Metode analisis yang dilakukan adalah metode analisis static dengan memanfaatkan fasilitas pada softwere CATIA yaitu generative structural analysis. Terdapat 2 jenis gaya pada penelitian ini yaitu thrust yang dibutuhkan untuk masimum take off adalah 14000 lbs atau sama dengan 62275.1146N. Dan beban gaya Centrifugal sebesar 637067.3726 N atau 23595.0879 N per Blade .
Tegangan paling kritis terjadi pada part Blade yang mengalami demage, terutama Blade 3 yaitu dengan nilai Von Mises maximum sebesar 7.9451 x 108 N/m2.
Nilai margine of safety pada sample Blade normal yaitu, pada Blade 1 dengan margine of safety 1.3974, pada balde 2 dengan margine of safety 1.3956, dan pada Blade 3 dengan margine of safety 1.3950. Setelah dilakukan tindakan repair margine of safety pada part yang demage menjadi bertambah yaitu pada Blade 1 margine of safety 1.0218 menjadi 1.7022, Blade 2 margine of safety 0.4526 menjadi 3.1942, Blade 1 margine of safety 0.3885 menjadi 2.5085. Maka struktur Fan Pada Turbofan Engine JT8D-7 dinyatakan aman karena hasil margine of safety-nya ≥ 0.
Kata kunci : Normal, Demage, Repair, CATIA V5R17, Von mises stress
|