ABSTRAK :
Boeing 737 Classic merupakan pesawat yang paling banyak dioperasikan
didunia dengan menggunakan engine CFM56-3. Engine merupakan komponen
besar dari pesawat yang memiliki peran yang sangat berat dan vital, disamping
harus mampu menahan beban lainnya, maka engine juga harus mampu menahan
temperatur tinggi yang berkepanjangan. EGT (Exhaust Gas Temperature) engine
selama dioperasikan sangat menentukan usia pakai engine tersebut. Tujuan
utama penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh pengerjaan
compressor wash (maintenence) terhadap nilai EGT pada engine CFM56-3.
Engine mengalami dua kondisi kritis yaitu cruise dan takeoff, yang akan
menjadi pembahasan utama oleh penulis. Pada setiap kondisi engine masingmasing
memiliki batasan nilai EGT maksimum. Skripsi dengan penelitian yang
bersifat deskriptif ini, dipergunakan software MathCat 14.0 untuk perhitungan
nilai EGT Margin dan TSFC (Thrust Specific Fuel Consumption) pada engine
CFM56-3 Boeing 737 Classic. Untuk memudahkan pengamatan maka, hasil
disusun dalam bentuk tabel dan grafik dengan menggunakan Microsoft Excel.
Untuk mengetahui besar pengaruh pengerjaan compressor wash pada
engine CFM56-3 yang dioperasikan oleh maskapai Sriwijaya Air, maka dilakukan
pengamatan langsung pada 13 data engine pada kondisi cruise dan 7 data engine
pada kondisi takeoff. Dari data pada kondisi tersebut maka diperoleh hasil
setelah pengerjaan compressor wash dengan interval nilai; untuk nilai EGT
Margin diperoleh peningkatan sebesar 2°C sampai 20°C, nilai EGT cruise engine
CFM56-3 yaitu turun sebesar 2,83°C sampai 13,78°C, nilai fuel flow yaitu
diperoleh penurunan sebesar 3 PPH sampai 50 PPH, nilai TSFC (Thrust Specific
Fuel Consumption) diperoleh penurunan sebesar 0,0011 lbm/hr/lbf sampai
0,0074 lbm/hr/lbf. Selain pengerjaan compressor wash yang dapat menurunkan
dan mencegah peningkatan nilai EGT, juga dapat dilakukan dengan pemanasan
engine setelah didinginkan atau di ground selama ± 6 jam sebelum operasi
selama 5 sampai 25 menit yang dapat mengurangi nilai EGT sebesar 0°C
sampai 15 °C.
(Keywords: CFM56-3, High temperature, Exhaust Gas Temperature (EGT),
Engine Compressor Wash, Water wash).
|