ABSTRAK :
Sayap membutuhkan lift yang cukup tinggi saat fase take off. Pada umumnya lift yang dihasilkan airfoil tidak cukup untuk memenuhinya, maka airfoil direkayasa sedemikian rupa sehingga pada fase terbang tersebut airfoil dapat memproduksi lift tambahan. Salah satu cara untuk menambah lift adalah dengan penambahan fixed slat dan triple slotted flap yang didesain menggunakan CATIA. Menghitung gaya aerodinamika Coefficient Lift dan Drag yang terdapat pada airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixed slat dan triple slotted flap yang menggunakan data hasil uji ANSYS.
Penelitian dilakukan dengan variasi sudut serang dan variasi rotasi triple slotted flap. Setelah dilakukan penelitian, peningkatan lift yang terjadi juga diikuti dengan peningkatan drag. Dengan penambahan fixed slat pada leading edge terjadi peningkatan sudut serang kritis, sementara penambahan triple slotted flap memperbaiki aliran udara pada upper surface.
Hasil uji menunjukan bahwa coefficient lift yang dihasilkan oleh airfoil BAC 449/450/451 sebesar 0,6142 sementara pada airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixed slat sebesar 0,5196 dan untuk airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixed slat dan triple slotted flap sebesar 0,7915. Peningkatan lift yang terjadi pada ketiga model uji sebesar 12 persen pada airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixed slat dibandingkan dengan airfoil BAC 449/450/451 tanpa high lift devices, 227,67 persen pada airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixed slat dan triple slotted flap dibandingkan airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixed slat, dan 139,34 persen pada airfoil BAC 449/450/451 dengan penambahan fixe slat dan triple slotted flap dibandingkan dengan airfoil tanpa sistem high lift devices. Untuk meningkatkan sudut serang bisa menambahkan leading edge devices (slat). Semakin besar sudut serang yang diberikan maka nilai lift dan drag akan semakin meningkat, namun pada sudut serang 19 derajat nilai lift mulai menurun, sedangkan pada penggunaan fixed slat dengan rotasi triple slotted flap 11 derajat, nilai lift mulai menurun pada sudut serang 25 derajat. Penambahan triple slotted flap dapat meningkakan nilai lift dan drag dari airfoil BAC 449/450/451.
Kata Kunci : Fixed Slat, Triple Slotted Flap, High Lift Devices, CL CD
|