ABSTRAK :
Bandar Udara Internasional Ngurah Rai-Bali adalah bandar udara
terbesar di Pulau Bali yang mempunyai posisi sangat strategis, karena
merupakan pusat pelayanan jasa angkutan udara dari propinsi lainnya serta
mancanegara, maka tingkat pelayanan Operasi Bandar Udara (OBU) dan
ketertiban di bandar udara harus selalu dalam kondisi prima.
Garbarata adalah suatu fasilitas yang sangat penting untuk meningkatkan
kinerja unit apron movement control di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai
Bali untuk menanggulangi tingkat pergerakan kedatangan pesawat. Memberikan
efektivitas kegiatan operasional Bandar udara oleh sebab itu diperlukan
penambahan fasilitas garbarata. Penulisan skipsi menggunakan metode
forecasting peramalan lima tahun kedepan.
Berdasarkan hasil analisa di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali
tingkat kedatangan pesawat dengan perhitungan peramalan (forecast) di
dapatkan hasil: kedatangan penerbangan tahun 2015 - 2019 terjadi peningkatan
pesawat 73798, 79789, 85781, 91773, 97765. pesawat udara. Terjadi
peningkatan pada jam puncak dari tahun 2015 - 2019 sebanyak 14, 14, 15, 15, 16
pesawat udara. Penggunaan garbarata dapat meningkatkan efesinsi ground time
pesawat 17 persen menjadi 43 persen dan efektifitas pengunaan parking stand dari 60 persen
menjadi 80 persen.
Kata Kunci :
Garbarat, Apron Movement Control, Ngurah Rai
|