ABSTRAK :
Perhitungan Weight and Balance sebuah pesawat merupakan prioritas utama terhadap keamanan dan keselamatan penumpang selama melakukan penerbangan perhitungan weight and balance pada suatu maskapai dilakukan oleh bagian FOO (Flight Operation Oficer). Proses perhitungan tersebut dilakukan untuk mengetahui letak center of gravity pada pesawat. Dan perhitungan itu dapat dilakukan baik secara manual menggunakan kertas trim sheet, secara komputerisasi menggunakan software W&B Plane ataupun dengan menggunakan keduanya. Hal ini sangatlah memungkinkan karena dapat mengetahui deviasi atau perbedaan nilai di antara keduanya.
Hasil dari proses perhitungan tersebut antara lain, mengetahui nilai Center of Gravity (CG) pesawat pada saat ZFW, TOW, dan LW. Untuk proses perhitungan secara manual menggunakan kertas trim sheet hasilnya adalah CGZFW = 21,98, TOW = 23,32, CGLW = 23,06, sedangkan secara komputerisasi menggunakan software W&B Plane hasilnya adalah CGZFW = 22,05 TOW = 23,41 CGLW = 23,26. Hasil tersebut merupakan rata-rata jumlah dari hasil perhitungan pada masing-masing bagiannya.
Dari hasi rata-rata perhitungan tersebut maka dapat diketahui selisih angka dari ke dua perhitungan tersebut yaitu: untuk CG ZFW = -0,07%, CG TOW = - 0,09%, CG LW = - 0,2% Dan perbedaan hasilnya sangatlah sedikit. Sehingga hal ini tidak menjadikan masalah bagi sebuah maskapai penerbangan akan menggunakan perhitungan manual dengan kertas trim sheet ataupun menggunakan komputerisasi dengan software W&B Plane pada saat melakukan perhitungan CG pesawat.
Kata Kunci : Weight and balance, center of gravity, trim sheet, software W&B
Plane
|