ABSTRAK :
Pemeliharaan pesawat dilakukan untuk mengupayakan agar kondisi pesawat pada setiap periode selalu laik, handal dan aman untuk dioperasikan dalam penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan jarak jelajah (R), waktu tempuh (E), konsumsi fuel dalam satu jam terbang (ΣL) serta mengetahui efisiensi konsumsi bahan bakar setelah pelaksanaan pemeliharaan pesawat (ƞmaintenance) pada periode 2012-2013. Pesawat yang dipilih sebagai obyek penelitian adalah pesawat latih mula AS 202 BRAVO 18A-3 sebagai media penelitian tugas akhir penulis.
Metode yang digunakan dalam analisis ini menggunakan perhitungan Range and Endurance dengan penafsiran mengabaikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi terbang pesawat sebagai dasar analisis untuk mengetahui jarak jelajah (R), waktu tempuh (E), konsumsi fuel dalam satu jam terbang (ΣL) serta efisiensi konsumsi bahan bakar setelah pelaksanaan pemeliharaan pesawat (ƞmaintenance) pada periode 2012-2013. Berdasarkan perhitungan dan analisis prestasi terbang pada masing-masing pemeliharaan yang telah dilaksanakan, dapat diketahui efektifitas penerbangan paling efisien.
Dari hasil perhitungan dan analisis terhadap Range & Endurace setelah pelaksanaan pemeliharaan periode 2012-2013, didapatkan jarak tempuh maksimal pesawat mencapai 719,0695 Km dengan waktu yang dibutuhkan selama 3,53 Jam. Untuk bahan bakar full tank yaitu 174,156 Liter, diperoleh konsumsi bahan bakar dalam satu jam terbang sebanyak 49,33 liter/jam. Berdasarkan hal tersebut, mengindikasikan bahwa nilai efisiensi dari konsumsi bahan bakar dalam satu jam terbang pada prosentase 64,8976 %. Sesuai dengan kebijakan pemeliharaan rutin di atas, penerbangan setelah pelaksanaan PI 100 memiliki nilai konsumsi bahan bakar lebih efisien.
Kata Kunci : Range, Endurance, Konsumsi Fuel, Efisiensi Konsumsi fuel dan pemeliharaan.
|