ABSTRAK :
Landing gear merupakan salah satu komponen primer pada bagian struktur pesawat. Landing gear berfungsi menahan beban pesawat saat di darat yaitu beban selama beroperasi di darat dan beban selama landing. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pembebanan di darat berdasarkan WBM (Weight And Balance Manual) MA60 terhadap kemampuan fungsional landing gear sesuai AMM (Aircraft Maintenance Manual) MA60.
Dalam analisis pengaruh beban struktur terhadap landing gear pada pesawat MA60 penerapan secara teoritis dengan perhitungan menggunakan software Mathcad 14. Berat pesawat MA60 untuk take-off sebesar 213765,357 newton. Pembebanan kondisi statik untuk nose landing gear adalah 20056,892 newton dan main landing gear adalah 98421,922 newton. Pembebanan tersebut mengakibatkan defleksi ban maksimum nose landing gear sebesar 0,067 meter dan defleksi ban maksimum main landing gear sebesar 0,167 meter.
Batas beban statik main landing gear adalah 92% atau masing-masing main gear adalah 46%. Batas beban statik minimum nose landing gear adalah 8% dan maksimum adalah 9% memenuhi kestabilan pengendalian pesawat di landasan. Panjang stroke saat touchdown pada nose landing gear adalah 0,107 meter dan main landing gear adalah 0,114 meter. Sehingga dapat disimpulkan pembebanan pada WBM berdasarkan karakteristik pesawat dan kemampuan fungsional landing gear pada AMM sudah sesuai.
Kata kunci : beban di darat, MA60, landing gear, Mathcad 14
|