© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS SLOT TIME DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ACHMAD YANI SEMARANG UNTUK MENDUKUNG OPERASI PENERBANGAN
Penulis
ARYO MURTI WIBOWO
Pembimbing : Drs Agus Basukesti, MT - Karseno KS, INZ, SE., MM

ABSTRAK :
Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang untuk saat ini memiliki 8 parking stand existing dengan 16 jam pengoperasian setiap hari. Dengan bertambahnya jasa penerbangan, maskapai penerbangan dan jumlah pesawat udara yang dioperasikan secara tidak langsung menyebabkan terjadinya peningkatan frekuensi penerbangan yang datang/arrival dan berangkat/departure. Lalu lintas udara yang padat akibat penambahan jasa penerbangan dapat pula mempengaruhi kondisi kepadatan di apron, yang mana terjadi adanya penumpukan pesawat pada jam -jam sibuk. Dalam skripsi ini penulis menganalisis slot time yang sudah ada untuk mengoptimalkan parking stand di Bandara Udara Internasional Achmad Yani Semarang. Untuk mengoptimalkan parking stand l angkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari rata-rata ground time masing-masing tipe pesawat terbang, kemudian langkah kedua yaitu menganal isis rata-rata ground time tersebut untuk mendapatkan optimasi slot time. Hasil dari optimasi slot time yang diuji dengan metode uji anova satu jalur untuk membuktikan perbedaannya. Kemudian langkah-langkah tersebut dikombinasikan dengan perhitungan kapasitas parking stand Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang dalam 16 jam pengoperasian bandara. Hasil analisis diperoleh real ground time narrow body aircraft 38 menit, slot terpakai exsting selama 16 jam pe ngoperasian bandara rata-rata 38 slot setiap harinya, slot sisa existing rata-rata 98 slot setiap harinya, slot sisa optimasi’A’ rata-rata 137 slot setiap harinya, slot sisa optimasi ‘B’ rata -rata 149 slot setiap harinya. Kapasitas parking stand dalam keadaan existing dapat memuat 128 pesawat, sedangkan setelah dioptimasi dapat memuat 178 pesawat. Penulis menganggap bahwa pengoptimalan parking stand seudah seharusnya digunakan untuk meningkatkan jumlah penumpang yang diangkat dan meratakan kepadatan lalu lintas udara guna untuk memenuhi p ermintaan maskapai penerbangan yang menginginkan penambahan jadwal penerbangan dan tentunya juga dapat menghemat anggaran untuk tidak memperluas apron apabila kedepannya terjadi peningkatan jumlah frekuensi penerbangan pada Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang. Kata Kunci : Parking Stand, Ground Time, Optimasi Slot Time.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ARYO MURTI WIBOWO
NIM : 07050080
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024