ABSTRAK :
Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang untuk saat ini
memiliki 8 parking stand existing dengan 16 jam pengoperasian setiap hari.
Dengan bertambahnya jasa penerbangan, maskapai penerbangan dan jumlah
pesawat udara yang dioperasikan secara tidak langsung menyebabkan terjadinya
peningkatan frekuensi penerbangan yang datang/arrival dan
berangkat/departure. Lalu lintas udara yang padat akibat penambahan jasa
penerbangan dapat pula mempengaruhi kondisi kepadatan di apron, yang mana
terjadi adanya penumpukan pesawat pada jam -jam sibuk.
Dalam skripsi ini penulis menganalisis slot time yang sudah ada untuk
mengoptimalkan parking stand di Bandara Udara Internasional Achmad Yani
Semarang. Untuk mengoptimalkan parking stand l angkah pertama yang perlu
dilakukan adalah mencari rata-rata ground time masing-masing tipe pesawat
terbang, kemudian langkah kedua yaitu menganal isis rata-rata ground time
tersebut untuk mendapatkan optimasi slot time. Hasil dari optimasi slot time yang
diuji dengan metode uji anova satu jalur untuk membuktikan perbedaannya.
Kemudian langkah-langkah tersebut dikombinasikan dengan perhitungan
kapasitas parking stand Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang
dalam 16 jam pengoperasian bandara.
Hasil analisis diperoleh real ground time narrow body aircraft 38 menit,
slot terpakai exsting selama 16 jam pe ngoperasian bandara rata-rata 38 slot
setiap harinya, slot sisa existing rata-rata 98 slot setiap harinya, slot sisa
optimasi’A’ rata-rata 137 slot setiap harinya, slot sisa optimasi ‘B’ rata -rata 149
slot setiap harinya. Kapasitas parking stand dalam keadaan existing dapat
memuat 128 pesawat, sedangkan setelah dioptimasi dapat memuat 178 pesawat.
Penulis menganggap bahwa pengoptimalan parking stand seudah seharusnya
digunakan untuk meningkatkan jumlah penumpang yang diangkat dan meratakan
kepadatan lalu lintas udara guna untuk memenuhi p ermintaan maskapai
penerbangan yang menginginkan penambahan jadwal penerbangan dan tentunya
juga dapat menghemat anggaran untuk tidak memperluas apron apabila
kedepannya terjadi peningkatan jumlah frekuensi penerbangan pada Bandar
Udara Internasional Achmad Yani Semarang.
Kata Kunci : Parking Stand, Ground Time, Optimasi Slot Time.
|