© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Uji Analisis Pengaruh Variasi Sudut Winglet Terhadap Lift dan Drag Menggunakan Wind Tunnel.
Penulis
ARIF FIYANTO
Pembimbing : Linggar Widayatmo, S.Si., MT - M. Jalu Purnomo, ST., M.Eng

ABSTRAK :
Apa itu winglet ? sirip ajaib atau tambahan untuk wing yang berada di ujung wingtip yang membuat harga penerbangan lebih murah untuk menghemat bahan bakar, mengurangi vortex dan drag dan untuk meningkatkan jarak jelajah berapa persen, dalam skripsi ini penulis menggunakan airfoil jenis clack y sebagai seksi uji. Penelitian dilakukan di Laboratorium Aerodinamika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) dengan model wing uji airfoil jenis clack y yang memiliki ukuran span : 13 cm , thikness : 0,6 cm. Pengujian dilakukan dengan konfigurasi winglet dengan memvariasikan Sudut serang yaitu 00,50,100, dan 150 , dan variasi kecepatan mulai dari 10 m/dtk, 15 m/dtk, 20 m/dtk, dan 25 m/dtk, kemudian perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus koefisien gaya angkat, koefisien gaya hambat. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan menujukkan bahwa dengan bertambahnya sudut serang dan kecepatan pada wing uji menyebabkan penambahan gaya angkat dan Penambahan gaya hambat dan apabila gaya angkat telah mencapai titik maksimal maka akan terjadi penurunan gaya angkat yang disebut dengann stall. Pada pengujian ini penguji tidak menukan stall. Dari ketiga winglet yang efisien adalah winglet 100 dibandingkan dengan winglet yang lainnya. Kata kunci : Winglet, Uji Terowongan Angin, Koefisien Lift, Koefisien Drag.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ARIF FIYANTO
NIM : 08050032
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024