© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Analisis Getaran Roda Unbalance Nose Landing Gear Pesawat Boeing 737 - 400 Terhadap Pengaruh Prosentase Balance Performance Dengan Menggunakan Software CATIA V5R16
Penulis
ANDHIKA CANDRA PRASETYAWAN
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santosa, MT - Bangga Dirgantara, ST., MT

ABSTRAK :
Nose Landing gear merupakan salah satu komponen penting dalam struktur pesawat terbang. Terutama poros roda yang berfungsi menahan beban pesawat terbang saat berada di darat dan menahan beban impact saat pesawat terbang melakukan pendaratan (landing). Jika roda nose landing gear tidak dalam kondisi baik (unbalance), maka akan timbul getaran yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan kerusakan struktur dan ketidaknyamanan penumpang. Melalui software CATIA V5R16, dirancang suatu model roda nose landing gear normal maupun unbalance berdasarkan model nose landing gear pesawat Boeing 737-400 secara keseluruhan. Kemudian dilakukan pengujian dinamik untuk memperoleh nilai frekuensi natural. Dari hasil grafik yang diperoleh, untuk kedua jenis roda nose landing gear menunjukkan peningkatan modus getar pada sumbu lateral atau sumbu y dalam pemodelan ini. Hal itu dikarenakan sumbu y searah dengan efek pembebanan yang diberikan pada saat analisis static. Hasil analisis menggunakan software CATIA V5R16 diketahui bahwa tingkat prosentase balance performance dari roda nose landing gear yang unbalance masih tinggi yaitu sebesar 5.75 %, artinya getaran yang ditimbulkan karena keadaan unbalance dari roda nose landing gear tergolong tinggi dan part dalam kategori condemn (harus diganti). Kata kunci : Roda Nose Landing Gear, CATIA V5R16, Displacement, Analisis Dynamic, Balance Performance


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ANDHIKA CANDRA PRASETYAWAN
NIM : 08050122
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024