ANALISIS STATIK PADA STRUKTUR PENDUKUNG ANTENNA VHF
DENGAN MEMODIFIKASI ANTENNA SERI DM C50-17 PADA
PESAWAT CN235-110 MENGGUNAKAN CATIA V5R17 |
Penulis AKHMAD ZAMANI
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santosa, MT - M. Jalu Purnomo, ST., M.Eng
|
ABSTRAK :
Peranan antena VHF sangat penting pada pesawat yang berfungsi
sebagai alat komunikasi penerbangan. Karena sifat pesawat terbang yang
dinamis selalu bergerak maka ketahanan antena maupun struktur pendukungnya
harus benar-benar kuat dan harus mampu beroperasi pada kondisi yang sangat
berbeda selama sekian ribu jam terbang, maka perlu dilakukan analisa untuk
mengantisipasi kegagalan yang terjadi pada struktur tersebut dan memastikan
bahwa struktur tersebut aman dan mampu bertahan ketika mendapatkan
pembebanan.
Salah satu software untuk mengetahui kekuatan suatu struktur adalah
CATIA., Dari software ini dapat diketahui tegangan dan daerah kritis suatu
struktur ketika mendapat suatu pembebanan, sehingga dari ketegangan
maksimum tersebut dapat digunakan untuk menentukan margin of safety (batas
keamanan) dari struktur yang dianalisis.
Dari analisis tegangan struktur pendukung antena VHF pesawat CN235-
110 menggunakan CATIA diperoleh hasil tegangan maksimum terbesar adalah
9.58 x 107 N/m2 dengan margin of safety 4.67 yang berarti struktur tersebut aman
ketika mendapatkan critical load. Maximum stress terjadi ketika part support
tersebut mengalami pembebanan sideward karena handling load.
(kata kunci : maximum stress, margin of safety)
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: AKHMAD ZAMANI |
|
NIM |
: 06050130 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|