ABSTRAK :
Skripsi ini membahas mengenai besar thrust yang dipengaruhi oleh air density pada mesin turbofan CFM56-5A1 yang didasari dengan teknik perhitungan siklus parametrik turbin gas ideal, khususnya siklus parametrik mesin turbofan ideal. Dalam skripsi ini mencoba mempelajari mengenai perhitungan besar nilai thrust yang berkurang ketika kerapatan udara berkurang untuk jenis mesin turbofan yang dikaitkan dengan kondisi ketinggian terbang suatu pesawat. Adapun mesin yang dipilih sebagai objek penelitian skripsi ini adalah mesin turbofan CFM56 – 5A1 yang diaplikasikan pada pesawat Airbus A320 yang kemudian akan dihitung dengan menggunakan Software Mathcad. Hasil analisis siklus parametrik mesin turbofan ideal ini berupa kuantitaif, dimana untuk nilai thrust yang diperoleh dari variasy air density yang selanjutnya digunakan untuk mengetahui kemampuan engine terhadap air density pada rancangan mesin turbofan, guna menentukan pemilihan dalam pemakaiannya di suatu pesawat terbang. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa gaya dorong (thrust) dipengaruhi oleh air density pada setiap ketingggian, dimana thrust berbanding lurus dengan air density, dimana semakin bertambah ketinggian maka air density semakin rendah sehingga nilai thrust semakin rendah juga. Kata kunci : Engine CFM56-5A1, air density, thrust, mathcad
|